Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification

Suminah Suminah, Imam Gunawan, Sri Murdiyah

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve learning achievement and student learning motivation through behavior modification approach in Class V Elementary School Laboratory State University of Malang (UM) Blitar City. This research was conducted using classroom action research method. This study was conducted with two cycles. Data collection techniques used in this study is tests and observations. Data were analyzed with descriptive statistics, i.e. calculating the mean and standard deviation. Furthermore, by using the formula stanfive data formulated with the frequency distribution table. Data analysis is by comparing the results of the scores obtained from Cycle I and Cycle II (data learning achievement and student learning motivation). Data analysis is analysis of variance of paired-samples t test formula with SPSS PASW Statistics 18. The result of research are: (1) student learning achievement through behavior modification approach included in good enough category; (2) the level of student’s learning motivation through behavior modification approach included in high enough category; and (3) there is improvement of learning achievement and student’s learning motivation through behavior modification approach in Class V Elementary School Laboratory of State University of Malang (UM) Blitar City.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification di Kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) Kota Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, yakni menghitung rerata dan deviasi standar. Selanjutnya dengan menggunakan rumus formula stanfive data disusun dengan tabel distribusi frekuensi. Analisis data yakni dengan membandingkan hasil skor yang diperoleh dari Siklus I dan Siklus II (data hasil belajar dan motivasi belajar siswa). Analisis data adalah analisis varians formula paired-samples t test dengan bantuan SPSS PASW Statistics 18. Hasil penelitian adalah: (1) tingkat hasil belajar siswa melalui pendekatan behavior modification termasuk dalam kategori cukup baik; (2) tingkat motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification termasuk dalam kategori cukup tinggi; dan (3) ada peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan behavior modification di Kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) Kota Blitar.


Keywords


learning achievement; learning motivation; behavior modification approach; hasil belajar; motivasi belajar; pendekatan behavior modification

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, F. (2008). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Mengelola Stres Belajar Siswa. (Unpublished doctoral’s dissertation) Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Dimyati, M., & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Fitroini, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Mandiri dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Leuwipanjang Bandung (Penelitian Tindakan Kelas Tema 5 Pahlawanku Sub Tema 1 Perjuangan para Pahlawan di Kelas IV SD2015/2016). (Unpublished master’s thesis) Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia.

Gunawan, I. (2007). Hubungan Keterlibatan Guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. (Unpublished undergraduate’s thesis) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Gunawan, I. (2013). Statistika untuk Kependidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak Yogyakarta.

Gunawan, I. (2016). Manajemen Kelas. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, I. (2017). Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Lesson Study dan Dampaknya terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(1), 126-138.

Gunawan, I. (2017). The Application of Instructional Management Based Lesson Study and its Impact with Student Learning Achievement. Paper presented at the 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA), Theme: The Challenges of Educational Management and Administration in Global and Local Era, Universitas Negeri Malang, Malang, 25-26 August 2017 (pp. 4-12). Published by Atlantis Press.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2007). Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2016). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MIS Lowokwaru Kota Malang. (Unpublished Laporan Pengabdian kepada Masyarakat) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Hadi, S., Gunawan, I., & Dalle, J. (2018). Statistika Inferensial: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 715-722.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lunanta, L. P. (2017). Modifikasi Perilaku. Retrieved 2 August, 2017, from Esa Unggul website: http://psi313.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/6825/2017/08/PPT-UEU-Modifikasi-Perilaku-Pertemuan-1.pptx.

Mardiyah, K., & Setiawati, D. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Modification (CBM) untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dalam Belajar Siswa Kelas X-APH (Akomodasi Perhotelan) di SMK Gema 45 Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(3), 1-7.

Nasution, N., & Panggabean, L. O. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Metode Behavior Modification dan Metode Guided Discovery pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan. Paper presented at Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika dalam Membangun Jejaring Kerja dan Peningkatan Kualitas Pendidikan, Fakultas Matematika Universitas Negeri Medan, Medan, 6 Mei, 2017 (pp. 666-669).

Prayitno, E. (1998). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK.

Samsiyah, N., Kartikasari, A., Gunawan, I., & Emilia, C. (2016). Konstruksi Tes Kebahasaan UAS SD di Kabupaten Madiun. Jurnal Penelitian LPPM, 2(1), 38-46.

Santoso, S. (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia.

Sardiman. (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarstedt, M., & Mooi, E. (2014). A Concise Guide to Market Research: The Process, Data, and Methods Using IBM SPSS Statistics. New York: Springer.

Setiawan, I. G. A. N. (2008). Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 42-59.

Sidjabat, S. (1993). Menjadi Guru Profesional Sebuah Perspektif Kristiani. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Silitonga, J. (2013). Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Retrieved 2 Octover 2016, from Academia website: http://www.academia.edu/4523746/PENDEKATAN_DALAM_PENGELOLAAN_KELAS.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.

Suryana, D. (2017). Pengertian dan Pendekatan Pengelolaan Kelas. Retrieved 7 June 2017, from Civitas UNS website: https://civitas.uns.ac.id/suryanadewi/2017/05/03/pengertian-dan-pendekatan-pengelolaan-kelas/.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Ta’dib, 16(1), 113-136.

Tarigan, N. (2015). Perbedaan Hasil Belajar antara Metode Behavior Modification dengan Metode Guided Discovery pada Materi Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas VII di SMP Swasta HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2014/2015. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia.

Tarsih, U., Sudjarwo, & Hasyim, A. (2017). Perubahan Perilaku Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Menggunakan Model Pertemuan Kelas. Retrieved 29 June 2017, from Media Neliti website: https://media.neliti.com/media/publications/40930-ID-perubahan-perilaku-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-pkn-menggunakan-model-pertem.pdf.

Tim Dosen AP FIP. (1998). Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP IKIP Malang.

Wiyono, B. B., & Sunarni. (2009). Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22018p221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats