EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI
Abstract
Abstract: This research aimed to determine: (1) the context of school literacy movement programs implementation, (2) the input of school literacy movement programs implementation, (3) the process of school literacy movement programs implementation, and (4) the product obtained from school literacy movement programs implementation in all of public elementary schools in subdistrict of Paguat. The design of this study was an evaluation study using evaluation model of Process and Product Input Context. (PPIC). The technique of data collection used questionnaire and interview. The research results showed that: (1) the context of school literacy movement programs implementation was in good category, (2) the input of school literacy movement programs implementation was in good category, (3) the process of school literacy movement programs implementation was in good category, and (4) the product obtained from school literacy movement programs implementation was in good category. It can be concluded that the evaluation of the school literacy movement programs implementation in all of public elementary schools in subdistrict of Paguat have been carried out properly in terms of the implementation of the activities from the habit stage to the learning stages that have been carried out in accordance with the guidelines of school literacy movement implementation.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) konteks pelaksanaan program gerakan literasi sekolah, (2) input pelaksanaan program gerakan literasi sekolah, (3) proses pelaksanaan program gerakan literasi sekolah, dan (4) produk pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SD Negeri se Kecamatan Paguat. Desain penelitian ini bersifat studi evaluasi dengan menggunakan model evaluasi Conteks Input Proses, dan Produk (CIPP). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konteks dalam pelaksanaan program gerakan literasi sekolah berada pada kategori baik, (2) input dalam pelaksanaan program gerakan literasi sekolah berada pada kategori baik, (3) proses dalam pelaksanaan program gerakan literasi sekolah berada pada kategori baik, dan (4) produk dalam pelaksanaan program gerakan literasi sekolah berada pada kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa evaluasi pelaksanaan program gerakan literasi sekolah se Kecamatan Paguat sudah dilaksanakan dengan baik, dilihat dari segi pelaksanaan kegiatan dari tahap pembiasaan sampai dengan tahap pembelajaran telah dilakukan sesuai pedoman pelaksanaan gerakan literasi sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2011. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizah, D.U., et al. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartati, T. 2017. Multimedia in Literacy Development at Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). Edutech, 15 (3), 301-310.
Idrus, M. 2014. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Kemendikbud. 2016. Panduan GLS di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Kusuma, Mochtar. 2016. Evaluasi Pendidikan: Pengantar, Kompetensi, dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu
Musfiroh, T. & Listyorini, B. 2016. Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Litera, 15, 1-12.
Nurhasanah, A. 2016. Penggunaan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), 87–95
Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Tahun 2016
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Romdhoni, A. 2013. Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sudjana, Nana Dan Ibrahim. 2004. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Dan Kepelatihan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sulistyo, A. 2017. Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58.
Wandasari, Y. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i12019p045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.