Pengembangan Budaya Organisasi Sekolah Swasta Unggul

Putri Wulandari, Piter Joko Nugroho

Abstract


Abstract: This study aims to describe the development of excellent private middle school (SMPS) organizational culture in Palangkaraya City, viewed from aspects: (1) positive values that underlie the development of school organizational culture, (2) the strategy of internalizing positive values in the development of school organizational culture, ( 3) supporting and obstacles factors in the development of school organizational culture, and (4) the role of stakeholders in supporting the development of school organizational culture. This study used qualitative approach with case study design. The subjects of this study were the founder of the Golden Christian School (GCS) SMPS, the school principal, teachers, and school stakeholders. Data collected through observation, in-depth interviews and documentation studies. Data analysis techniques using interactive model is through data reduction, data presentation, conclusions drawing, and data verification. Validation of data in this study uses credibility, transferability, dependability and confirmability. The results of this study showed that the school organizational culture in SMSPS GCS was developed by basing on the values of Christianity as the main foundation in shaping the character and culture of school organizations. Through internalization strategies that are realized in various school policies and programs, positive values that are believed by schools to be embedded within students which ultimately shape school organizational culture and are able to make SMPS GCS as the excellent private school in Palangka Raya City.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan budaya organisasi Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) unggul di Kota Palangka Raya, dilihat dari aspek: (1) nilai-nilai positif yang mendasari pengembangan budaya organisasi sekolah, (2) strategi internalisasi nilai-nilai positif dalam pengembangan budaya organisasi sekolah, (3) faktor pendukung dan kendala dalam pengembangan budaya organisasi sekolah, dan (4) peran stakeholder dalam mendukung pengembangan budaya organisasi sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Pendiri yayasan SMPS Golden Christian School (GCS), Kepala sekolah, Guru, dan Stakeholder sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya organisasi sekolah di SMPS GCS dikembangkan dengan mendasarkan pada nilai-nilai ajaran agama Kristen sebagai landasan utama dalam pembentukan karakter dan budaya organisasi sekolah. Melalui strategi-strategi internalisasi yang direalisasikan dalam berbagai kebijakan dan program sekolah, nilai-nilai positif yang diyakini sekolah tertanam dan melekat dalam diri peserta didik yang pada akhirnya membentuk budaya organisasi sekolah serta mampu menjadikan SMPS GCS sebagai sekolah swasta unggul di Kota Palangka Raya.

 

 

 


Keywords


development; school organization culture; excellent schools; Golden Christian School Palangka Raya; pengembangan; budaya organisasi sekolah; sekolah unggul; Golden Christian School Palangka Raya

Full Text:

PDF

References


Agung, I. 2012. Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Amalia, F. N., Mashita, N., & Tri, W. 2017. Fungsi Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Online, tersedia di: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Faizah-Nur-Amalia-Nurida-Mashita-Novita-Tri-W..pdf. Diakses tanggal 20 Desember 2019.

Atika., Nugroho, P. J., & Sumarnie. 2019. Pengembangan Budaya Sekolah Berbasis Katolik. Equity in Education Journal (EEJ), Vol. 1(1), 1-10.

Bacharach. S. B. 1990. Education Reform: Making Sense of It All. Boston: Allyn and Bacon.

Bafadal, I. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Dalam Rangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakri, S. 2010. Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Ngawi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang).

Bukhori, I., & Anita, N. 2009. Pengaruh Kultur Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Kependidikan, 19(2), 60-80.

Deal, T. E., & Peterson, K. D. 2009. Shaping School Culture: Pitfalls, Pradoxes, & Promises. Second Edition. San Francisco: Jossey-Bass.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2003. Pengembangan Budaya dan Iklim Pembelajaran di Sekolah (Materi Diklat Pembinaan Kompetensi Calon Kepala Sekolah/Kepala sekolah). Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Dewi, M. P . R. 2015. Internalisasi Budaya Sekolah Berbasis Islam (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Palangka Raya). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Palangka Raya: Program Studi Manajemen Pendidikan.

Emzir. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani

Hermino, A. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, K. 2010. Kultur Sekolah. Online, tersedia di: http://www.uinjkt.ac.id/index/php/category-table/1456-membangun-kultur-sekolah.html. Diakses 19 Desember 2019.

Hotimah, H., & Hariyati, N. 2018. Budaya Sekolah di SDIT Ustman Bin Affan Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 6(1), 1-7.

Husni, M. 2015. Budaya Sekolah dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Online, tersedia di: https://www.academia.edu/28569029/Budaya_Sekolah_Dan_Peningkatkan_Mutu_Pendidikan. Diakses pada 25 Agustus 2018.

Jones, R. 1996. The School Culture Inventory: A Tool for Identifying Values, Setting Goals and Bringing about School Improvement. Education Canada, 36(4), 6-10.

Kasali, R. 2007. Re-code your Change DNA: Membebaskan Belenggu-Belenggu untuk Meraih Keberanian dan Keberhasilan dalam Pembaharuan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kholis, N., Zamroni., & Sumarno. 2014. Mutu Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholders (Studi Fenomenologi di Sekolah Konfensional MIN Tegalasri Wlingi Blitar). Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2(2), 13-142.

Kosim, A. 2019. Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, Vol. 3(1), 240-251.

Lestari, P., & Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ektrakurikuler dan Hidden Kurikulum di SD Budi Mulia Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, Vol. 10(1), 71-96.

Lickona, T. 1992. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books Publishing History.

Maslowski, R. 2001. School Culture and School Performance. Netherland: Twente University Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. USA: Sage Publications. (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press).

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redifinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhaimin., Suti’ah., & Prabowo, S. L. 2009. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.

Muldiyah, S. 2011. Kerjasama Sekolah dan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyan Jamiyyatul Mubtadi Cibayawak Malimping. Online, tersedia di: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2416/1/98019SITI%20MULDIYAH-FITK.pdf. Diakses tanggal 19 Desember 2019.

Na’imah, T. 2014. Internalisasi Karakter Sosial melalui Budaya Sekolah. Artikel dipresentasikan pada Seminar Hasil Penelitian LPPM Universitas Muhammadiyah Purwekerto, Purwekerto, 6 September 2014 (206-212). (Prosiding).

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Rahayu, N. P., Nugroho, P. J., & Berliani, T. Pembinaan Profesional Guru SD Daerah Terpencil. Equity in Education Journal, Vol. 1(1), 62-72.

Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra.

Sartono, I,. Muhadjir., & Sumarno. 2015. Pendidikan Nilai Kebangsaan Melalui Budaya Sekolah di SMA Taruna Nusantara dan SMA Kolese De Britto. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 3(2), 142-150.

Siswanto. 2017. Apa dan Bagaimana Mengembangkan Kultur Sekolah. Klaten: Bosscript.

Sonhadji, A. 1994. Misi, Strategi, dan Kendala Penelitian Kualitatif. Makalah disam-paikan dalam Lokakarya Penelitian Kualitatif Tingkat Lanjut Angkatan III, 24 Oktober 1994 s.d 29 Desember 1994, Pusat Penelitian IKIP Malang.

Sonhadji, A. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Sudrajat, A. 2019. Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Online, tersedia di: http://staffnew.uny.ac.id/upload/131862252/penelitian/Membangun+Kultur+Sekolah+Berbasis+Karakter.pdf. Diakses 19 Desember 2019.

Susilo, M. J. 2016. Strategi Menciptakan Budaya Sekolah yang Kondusif melalui Paradigma Sekolah-Sekolah Unggul Muhammadiyah. Artikel dipresentasikan pada Simposium on Bilogy Education (Symbion) FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, 27 Agustus 2016 (567-576). (Prosiding).

Tilaar, H. A. R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tirtahardja, U., & Sulo, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo. 2010. Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zainal, A., & Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i32020p240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats