Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pelayanan

Mohammad Muspawi, Hafizahtul Robi'ah

Abstract


Abstract: This research aims to find out the efforts of administrative staff in improving the quality of school services in SMP Negeri 8 Jambi City, and to find out the supporting and inhibiting factors in improving the quality of services at the school. Using descriptive qualitative methods. The subjects of the study were the school principal, the head of the administrative staff and the school administrative staff. Data obtained by interview, observation, documentation. All data were analyzed with a descriptive analysis approach. The results showed: (1) The efforts of administrative staff in improving the quality of school services in SMP Negeri 8 Jambi City were carried out in a systematic process, namely the management of school administrative staff involving teachers and staff to hold joint meetings in order to submit school service reports. This effort was made in accordance with aspects of school needs. (2) Supporting factors for improving the quality of this service is that each administrative staff has their own computer, then the available facilities, the principal always strives to meet the needs of the school. The obstacle faced by school administrative staff in improving the quality of school services is the lack of administrative personnel.


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan sekolah di SMP Negeri 8 Kota Jambi, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pelayanan di sekolah tersebut. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, kepala tenaga administrasi dan staf tenaga administrasi sekolah. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu pelayanan sekolah di SMP Negeri 8 Kota Jambi  dilakukan dengan proses yang sistematis, yaitu pengelola tenaga administrasi sekolah melibatkan para guru dan staf untuk mengadakan rapat bersama dalam rangka menyampaikan laporan pelayanan sekolah. Upaya ini dibuat sesuai dengan aspek-aspek kebutuhan sekolah. (2) Faktor pendukung peningkatan mutu pelayanan ini yaitu bahwa setiap tenaga administrasi sudah memiliki komputer sendiri, kemudian fasilitas yang tersedia, kepala sekolah selalu mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Hambatan yang dihadapi tenaga administrasi sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan sekolah yaitu masih kurangnya jumlah personil tenaga administrasi.

 

 


Keywords


school administration personnel; improving service quality; tenaga administrasi sekolah; penigkatan mutu layanan

Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, John. W. (2012). Educational research:

Planning, conducting, and evaluating

quantitative and qualitative research. In

Educational Research.

https://doi.org/10.1017/CBO97811074

004

Daryanto. (2008). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatah, Nanang. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitrianti, Umi. (2014). Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri 1 Kasihan dan SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Gozali, Ahmad & Syamsuddin BA. (1997). Administrasi Sekolah, Jakarta: Cahaya Budi.

Hidayat, Seftiany Permata & Nurhikmahyanti, Desi. (2014). Peran Tenaga Administrasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Sekolah Di Man 1 Kota Mojokerto: Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014: 152-162.

Linda. (2017) Kinerja Pegawai Tenaga Tata Usaha di SMP N 4 Lappariaja Kabupaten Bone. Skripsi. Makasar: UIN Alauddin

Moleong, Lexy. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munif, Abd. (2019). Peningkatan Kualitas Pelayanan Prima Dalam Bidang Administrasi Peserta Didik Melalui Aplikasi Smart Solution. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan). Volume 4 Nomor 1 November 2019: 14-21.

Muspawi, Mohamad & Claudia, Peavey Resa. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar di SMA Swasta Pelita Raya Kota Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora. Universitas Jambi. Volume 2 Nomor 2 Desember 2018: 180-192.

Mutohar. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Syaefudin, Aas. (2003). Administrasi Kepemimpinan dan Supervisi Kepemimpinan. Bandung: STIKIP Siliwangi.

Triatna, Cepi. (2015). Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiyanta, Hery. (2016). Peran Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 1 Pleret Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Zakhiroh. Rufqotuz. (2013). Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik. Didaktika, Jurnal Administrasi Vol. 17 No. 2 Februari 2013.

Zulkarnain, Wildan & Sumarsono, Raden Bambang. 2018. Manajemen & Etika Perkantoran Praktik Pelayanan Prima. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i32020p232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats