Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Yari Dwikurnaningsih

Abstract


Abstract: The aim of this research is to describe the implementation of academic supervision by the Principal of Early Childhood Education in Blora Regency. The subjects of the study were School Principals who had attended School Principal Strengthening Education and Training, totaling 81 headmasters. Data were collected using questionnaires and interviews analyzed with quantitative descriptive analysis techniques through the calculation of percentages and categorization. Qualitative data obtained by interview, processed using qualitative data analysis techniques with steps: condensation of data, display data, and drawing conclusions and verification. The results showed that the overall academic supervision by the Principal was good. In the aspect of supervision planning, the category is very good, the implementation of supervision is in the good category and the follow-up is in the good and not good category. The Principal has made the supervision plan even though it is not yet comprehensive. In the aspect of supervision implementation, the Principal has used individual supervision techniques and most often uses classroom observation. The principal has not yet used varied supervision techniques. Supervision is carried out through three stages, namely pre-observation, observation, and post-observation. Follow-up supervision is carried out by making a report on the results of supervision, but has not used it as a basis for preparing the next supervision program.

 

 

Abstrak: Penelitian bertujuan mendeskripsikan implementasi supervisi akademik Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Blora. Subyek penelitiannya Kepala Sekolah yang sudah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah, yaitu sebanyak 81 orang kepala sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif melalui penghitungan persentase dan pengategorian. Data kualitatif yang diperoleh dengan wawancara, diolah dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: kondensasi data, display data, serta pengambilan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik oleh Kepala Sekolah secara keseluruhan baik. Pada aspek perencanaan supervisi berada pada kategori sangat baik, pelaksanaan supervisi pada kategori baik dan tindak lanjut berada pada kategori baik dan kurang baik. Kepala Sekolah sudah melakukan perencanaan supervisi meskipun belum komprehensif. Pada aspek pelaksanaan supervisi, Kepala Sekolah sudah menggunakan teknik supervisi individu dan yang paling sering menggunakan observasi kelas. Kepala Sekolah belum menggunakan teknik supervisi yang bervariasi. Supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu pra-observasi, pelaksanaan observasi, dan pasca-observasi. Tindak lanjut supervisi dilakukan dengan membuat laporan hasil supervisi, namun belum menggunakan sebagai dasar untuk menyusun program supervisi selanjutnya.


Keywords


implementation of academic supervision; early childhood education; implementasi supervisi akademik; pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Abadi, Y., Akhyak, & Fuadi, I. (2019). Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), (online), Vol 3, No 2 (2019). http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/12207. Diakses tanggal 29 Maret 2020.

Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Rosindo.

Egwu, S. O. (2015). Principals’ Performance in Supervision of Classroom Instruction in Ebonyi State Secondary Schools. Journal of Education and Practice, 6(15), 99-105.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2007). Supervision and Instructional Leadership: A Development Approach. Boston: Perason.

Herawati. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada SMP I Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, (online) Volume 3, No. 2, Mei 2015. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP. Diakses 8 Nopember 2019.

Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 40-48.

Marhawati, B. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), (online), Vol 4, No 2 (2019). Ejournal: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/12207. Diakses tanggal 29 Maret 2020.

Memduhoglu, H. B. (2012). The Issue of Education Supervision in Turkey in the Views of Teachers, Administrators, Supervisors, and Lecturers. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(1), 149-156.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Boston: Sage.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mushlih, A., dan Suryadi, R. A. (2018). Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngatini, N., & Ismanto, B. (2015). Pengelolaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kota Semarang. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 127-138.

Nurmalina. (2017). Pembinaan Profesional Guru Taman Kanak-kanak Melalui Supervisi. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 3(2), 1-10.

Priansa, D. J., & Setiana, S. S. (2018). Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Romayulis. (2017). Pelaksanaan Supervisi Pengajaran oleh Kepala Taman Kanak-kanak dalam Peningkatan Profesional Guru di TK Cut Meutia Kota Banda Aceh. Jurnal Media Inovasi Edukasi, 3(10), 1-7.

Slameto. (2017). Supervisi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Susilowati, A. (2018). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah pada Guru di Raudhatul Athfal Al Furqoon Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Tatang, S. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2017). Bandung: Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i32020p182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats