PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS

Slamet Riyadi

Abstract


Abstrak: Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran adalah melalui teknik supervisi kunjungan kelas. Tujuannya
adalah: 1) mengetahui implementasi teknik supervisi kunjungan kelas dalam rangka
meningkatkan kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran guru bidang
studi Sejarah; 2) mengetahui apakah teknik supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan
kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran guru bidang studi Sejarah.
Metode yang digunakan ialah rancangan Penelitian Tindakan Sekolah. Kesimpulannya: 1)
teknik kunjungan kelas dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien; 2) teknis kunjungan
kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran; 3) teknik kunjungan kelas terbukti dapat meningkatkan kemampuan
melaksanakan pembelajaran guru bidang studi sejarah.


Kata kunci: kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, teknik supervisi
kunjungan kelas.


Abtract : One means to improve the ability to plan and carry out the engineering supervision
of learning is through classroom visits. The purpose of this study are: (1) knowing how
the implementation of classroom visits supervision technique in order to improve the
ability of teachers of History to plan and implement learning teachers at MAN Rejotangan
Tulungagung; (2) determine whether classroom visits supervision technique can improve
the ability of teachers of History to plan and implement learning at MAN Rejotangan
Tulungagung. The method used is the design of Educational Action Research. The results
showed that: (1) the implementation of supervision techniques can be implemented in the
classroom visits MAN Rejotangan Tulungagung effectively and efficiently; (2) classroom
visits supervision technique proven to increase the ability of teachers in preparing a lesson
plan (RPP) as preparation for the implementation of the learning process; (3) technical
supervision of classroom visits are proven to increase the ability of teachers to implement
learning the history of the MAN Rejotangan Tulungagung.


Keyword: the ability to plan and to implement learning, he engineering supervision of
learning is through classroom visits.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats