PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS OLEH PENGAWAS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Hadi Hadi

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to: (1) determine the quality of teaching and teacher at
SDN 1 Wangun Palang Tuban; (2) determine the relationship of the frequency of educational
supervision by the principal with teaching quality of teachers at SDN 1 Wangun Palang
Tuban; and (c) describe the clinical supervision conducted by the principal to improve the
teaching quality of teachers at SDN 1 Wangun Palang Tuban. This study used a descriptive
approach. The technique of collecting data using questionnaires. The results of analysis show
that there is significant increase in the frequency of use of learning clinical supervision by the
principal with the quality of teaching and teacher at SDN 1 Wangun Palang Tuban.


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kualitas pengajaran dan
guru di SDN 1 Wangun Palang Tuban; (2) mengetahui hubungan frekuensi pengawasan
pendidikan oleh kepala sekolah dengan kualitas pengajaran guru di SDN 1 Wangun Palang
Tuban; dan (c) mendeskripsikan supervisi klinis yang dilaksanakan oleh kepala sekolah
untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru SDN 1 Wangun Palang Tuban. Penelitian
ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
instrumen angket. Hasil analisis diketahui bahwa ada peningkatan signifikan dalam frekuensi
penggunaan pembelajaran supervisi klinis oleh kepala sekolah dengan kualitas pengajaran
dan guru di SDN 1 Wangun Palang Tuban.


Kata kunci: supervisi klinis, guru mengajar kualitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan



Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats