TRANSFORMASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to describe: 1) entrepreneurship values transformed
into student , 2) strategy in transforming the values of entrepreneurship, and 3) support
of principals in transforming the values of entrepreneurship to students of SMK Kota
Gorontalo. This study uses qualitative approach with case study design. Research result
shows: 1) the values of entrepreneurship transformed into students are confidence, task and
results oriented , dare to risk, responsible, honest, hard work, can be leaders of the futureoriented,
and originality; 2) strategy conducted through practical activities on the unit of
production, business center, room practice, and practice in business / industry, and 3) the
principal always provide direction and guidance, exemplary as well as provide the means and
adequate infrastructure to support the implementation activities practice.
Keyword: Transformation, Value of enterpreneurship, Production unit
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan 1) nilai-nilai kewirausahaan
yang ditransformasikan pada siswa, 2) strategi dalam mentransformasikan nilai- nilai
kewirausahaan pada siswa, dan 3) dukungan kepala sekolah dalam mentranformasikan nilainilai
kewirausahaan pada siswa SMK Negeri I Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui:
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan alur: reduksi , penyajian
, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan: kredibilitas, transfermabalitas,
dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan 1) nilai-nilai kewirausahaan yang
ditransformasikan pada siswa adalah: (a) percaya diri, (b) breorientasi pada tugas dan hasil, (c)
berani mengambil resiko, (d) bertanggung jawab, (e) jujur, (f) kerja keras, (g) dapat menjadi
pemimpin, (h) berorientasi kemasa depan dan (i) keorsinilan; 2) strategi dilakukan melalui
kegiatan praktek pada unit produksi, bisnis center, ruang praktek, dan praktek di dunia usaha/
industri, dan 3) kepala sekolah selalu memberikan arahan dan bimbingan, keteladanan serta
menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pelaksanaan
praktek.
Kata kunci: Transformasi, Nilai-nilai kewirausahaan, Unit produksi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v1i22017p115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.