GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI

Vonny Angeli Sudharta

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to describe the characteristics of principal
leadership, to describe the psychological characteristics of the principal’s leadership, and to
design the leadership model of the principal in a psychological perspective. The research was
conducted in Public Senior High School 1 Malang. The research method used is qualitative
research with case study design. Technique of data retrieval through interview, observation,
and documentation. The data analysis used is interactive model analysis. The results show
that the leadership characteristics shown by the principal are objective, democratic, friendly,
humorous, honest, disciplined, assertive, able to control emotions, appreciate, motivate,
have a family attitude to all members, fair, strong and religious. Based on the psychological
characteristics of the principal’s leadership is a leader who shows the person calm, relaxed,
patient, meticulous, not easily affected, and high self-awareness. Principal leadership models
in psychological perspectives reflect a attribute sanguine and phlegmatic.


Keywords: leadership style, principalship, psychology perspective


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sifat-sifat kepemimpinan
kepala sekolah, mendeskripsikan karakteristik psikologis kepemimpinan kepala sekolah,
dan merancang model kepemimpinan kepala sekolah dalam perspektif psikologi. Penelitian
dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Malang. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengambilan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat-sifat kepemimpinan
yang ditampilkan kepala sekolah adalah objektif, demokratis, ramah, humoris, jujur, disiplin,
tegas, dapat mengontrol emosi, menghargai, motivator, memiliki sikap kekeluargaan pada
semua anggota, adil, berpendirian kuat, dan religius. Berdasarkan karakteristik psikologis
kepemimpinan kepala sekolah adalah pemimpin yang menunjukkan pribadi tenang, santai,
sabar, teliti, tidak mudah terpengaruh, dan kesadaran diri yang tinggi. Model kepemimpinan
kepala sekolah dalam perspektif psikologis mencerminkan kepemimpinan yang beratribut
sanguin dan plegmatis.


Kata kunci: gaya kepemimpinan, kepala sekolah, perspektif psikologi

 

DOI: https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p208


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan



Image result for logo sintaHasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

 

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.