Leaders' Organizational Communication in Overcoming Conflict
Abstract
Abstrak: Studi kasus ini mengkaji mengenai komunikasi organisasi pemimpin dalam mengatasi konflik yang terjadi di SMAN 2 Percontohan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji mengenai pendekatan komunikasi yang tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan komunikasi di SMAN 2 Percontohan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan studi survei. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru di SMAN 2 Percontohan Karang Baru. Hasil observasi menunjukkan bahwa komunikasi organisasi kepala sekolah di SMAN 2 Percontohan Karang Baru untuk mengatasi konflik dapat dilakukan dengan mengimplementasikan pendekatan sistem, pendekatan budaya, dan pendekatan kritik. Berdasarkan pendekatan yang dapat dilakukan kepala sekolah, diharapkan kepala sekolah menguasai keterampilan komunikasi untuk mengatasi permasalahan komunikasi yang terjadi dengan memberikan bimbingan, arahan, dan juga motivasi kepada guru lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, N. C., Aslan., & Suhardi, M. 2020. Gaya Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4 (2): 159-164. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i22020p159.
Ernaliza., Fitria, H., & Fitriani, Y. 2018. Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru. Journal of Education Research, 1(3): 245-250. DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.28.
Gani, J. 2014. Pengaruh Hambatan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Midtown Surabaya. Jurnal e-komunikasi, 2 (1): 1-10.
Harivarman, D. 2017. Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintah. Jurnal Aspikom, 3 (3): 508-519. DOI: http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.171.
Lawasi, E. S & Triatmanto, B. 2017. Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Kerjasama Tim Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 5 (1): 47-57. DOI: https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1313.
Lubis, E. E. 2012. Hambatan-Hambatan Komunikasi Kepemimpinan Regional Di Pemerintahan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1): 1-55.
Martina, U. S., Nasution, B., & Suyanto. 2020. Strategi Komunikasi Komisioner Komisi Informasi Provinsi Riau Dalam Menyelesaikan Kasus Sengketa Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (3): 412-431.
Muftitama, A. 2020. Strategi Komunikasi Kepemimpinan & Manajemen Konflik dengan Konsep LCCVASE (Listening, Clarifying, Confirming, Verifying, Action-Solving, Evaluating). Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah, 2 (2): 128-158. DOI: https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i2.31.
Mukarom, Z. 2020. Teori-Teori Komunikasi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Bandung.
Nasihah, N. M & Yuliana, A. T. R. D. 2018. Komunikasi Dalam Kepemimpinan Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah Kleco, Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3 (1): 99-107. DOI: http://dx.doi.org/10.34125/kp.v3i1.239.
Nugroho, S. 2019. Kontribusi komunikasi dan keterampilan manajemen konflik kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7 (1): 17-25. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.24774.
Nurcahyo, A., Soebijantoro., & Hartono, Y. 2014. Model Rekonsiliasi Kultural untuk Mengatasi Konflik Sosial antar Perguruan Silat di Madiun. Jurnal Studi Sosial, 6 (2): 67-73.
Nurdianti, S. R. 2014. Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana Pada Masyarakat Kebon Agung-Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2 (2): 145-159.
Octavia, D., & Halim, J. 2018. Komunikasi Pimpinan Dalam Mengatasi Konflik Pegawai. Jurnal Interaksi, 2 (1) : 107-118. DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v2i1.1790.
Prasetyo, M. A. M., & Khairul, A. 2021. Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5 (1): 25-39. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042.
Saputro, B. 2016. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Skordoulis, M., dkk. 2020. Emotional Intelligence and Workplace Conflict Resolution: The Case of Secondary Education Teachers in Greece. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 6 (4): 521-533. DOI: 10.46328/ijres.v6i4.1224.
Wisman, Y. 2017. Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Momosleca, 3 (2): 646-654. DOI: https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.