ANALISIS TINDAK INDISIPLINER SISWA SMP NEGERI

Nova Revita Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tindak indisipliner siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan variabel tindak indisipliner siswa. Hasil penelitian ini yaitu (1) tingkat tindak indisipliner siswa SMP Negeri di kecamatan Tempeh tergolong tinggi, (2) macam-macam tindak indisipliner yaitu saat membolos sekolah siswa bermain dengan teman di lingkungannya, saat membolos kelas, siswa cenderung berada di kantin/ kafetaria sekolah, siswa berseragam tidak lengkap, saat bersekolah siswa merokok di parkiran luar sekolah, siswa berlaku tidak sopan kepada teman sekolahnya, siswa sering mencela atau mengejek, siswa bermain telepon genggam (handphone) saat pelajaran berlangsung, serta siswa membalas ketika ada orang lain yang mengganggunya yang memicu pada pembalasan dendam, dan (3) penyebab tindak indisipliner siswa SMP Negeri di Kecamatan Tempeh adalah faktor internal dan faktor eksternal.

Full Text:

PDF

References


Ariesandi. 2008. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ariwibowo, A. 2014. Penanaman Nilai Disiplin di Sekolah Dasar Negeri Suryowijayan Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: PGSD FIP UNY.

Djamarah, Syaiful B. dan Azwan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hermatasiyah, N. 2015. Faktor Penyebab Pelanggaran Disiplin pada Siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi. BK FKIP Universitas Jambi. (Online), (http://www.e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/ERA1D010159.pdf), diakses 17 April 2016.

Ilahi, dkk. 2013. Faktor yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2 (2). (Online), (http://download.portalgaruda.org.article) diakses 1 Agutsus 2017.

Imaniyah. 2010. Efektivitas Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran di SMP Islamiyah Ciputat. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: PAI FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Mulyadi, Y. 2003. Jenis- Jenis Perilaku Indisipliner Siswa dan Upaya Mengatasinya dalam Pengajaran PPKn. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Pascasarjana UPI.

Prihatin, E 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Rimm, S. 2004. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Alih Bahasa: Lina Yusuf. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Santrock, J. 2007. Adolescence (jilid 2). Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, H. 2009. Kasus Perilaku Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah ditinjau dari Kerangka Teori Sosiologi. Jurnal Pendidikan, 4 (2). (Online), (http://jurnaljpi.files.wordpress.com>volume-4.html) diakses 30 April 2016.

Wulandari, M. 2014. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah PPKN IKIP Veteran Semarang, 2 (1): 44- 53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)



klik disini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.