KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH UMUM BERCIRI KHAS ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)

Bagus Rachmad Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) keterampilan manajerial kepala sekolah, (2) implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah, (3) dampak penerapan keterampilan manajerial kepala sekolah, (4) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah SDIT Ahmad Yani Kota Malang menerapkan keterampilan manajerial pada sekolah umum berciri khas Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tentang implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah memadukan nilai-nilai Islam dalam pengelolaan sekolah, dampak penerapan keterampilan manajerial kepala sekolah menjadi identitas sekolah sebagai sekolah umum berciri khas Islam, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah adalah penilaian masyarakat terhadap sekolah dan guru yang belum professional mengajar dalam menerapkan keterampilan manajerial pada SDIT Ahmad Yani Kota Malang.


Full Text:

PDF

References


Asmani, J.M. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Bafadal,I. 2009. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Kerangka

Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, B. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi, I. 2012. Teori Kepemimpinan Managerial (Managership). Jakarta: Prestasi

Pustakaraya.

Hidayatun. 2007. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Budaya

Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan

Ungaran Kabupaten Semarang. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi

Manajemen Pendidikan.

Imron,A. 2015. Peningkatan Keprofesionalan Guru Oleh Kepala Sekolah Melalui Penelitian

Tindakan Sekolah. Prosiding Seminar Nasional. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nawawi,H dan Hadari, M. 2012. Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Universitas Gajah

Mada Press.

Soetopo,H. 2012. Perilaku Organisasi Teori Dan Praktik Di Bidang Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Uno,H. 2012. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di

Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning

Organization). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)



klik disini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.