KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SEKOLAH UMUM BERCIRI KHAS ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT)

Bagus Rachmad Saputra

Abstract


Abstract: This study aimed to describe, (1)  the managerial skills of school principals Islamic,(2)  the implementation of managerial skills principals,(3) the impact of managerial skills principals, (4) the constraints faced by principals in applying managerial skills in public schools. This study used a qualitative approach with case study. The result of this stud indicate the implementation of management skills of principals integrating Islamic values in school management, the impact of applying the principal’s managerial skills to the school’s identity as a typical Islamic public school, and the abstacles faced by the principal is the community’s assessment of the school and teachers who have not professionally taught in applying managerial skills to the poor SDIT Ahmad Yani Malang.

Keywords: Managerial Skills, Principal, Islamic Public School

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) keterampilan manajerial kepala sekolah, (2) implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah, (3) dampak penerapan keterampilan manajerial kepala sekolah, (4) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam menerapkan keterampilan manajerial pada sekolah umum berciri khas Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tentang implementasi keterampilan manajerial kepala sekolah memadukan nilai-nilai Islam dalam pengelolaan sekolah, dampak penerapan keterampilan manajerial kepala sekolah menjadi identitas sekolah sebagai sekolah umum berciri khas Islam, dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah adalah penilaian masyarakat terhadap sekolah dan guru yang belum professional mengajar dalam menerapkan keterampilan manajerial.

Kata Kunci: Keterampilan Manajerial, Kepala Sekolah, Sekolah Umum Berciri Khas Islam

 

DOI : 10.17977/um025v2i22018p102


Full Text:

PDF

References


Arief, R. K., Benty, D. D. N, dan Sumarsono, R. B. 2014. Implementasi Program Teacher Exchange dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Manajemen Pendidikan Volume 24, Nomor 3, Maret 2014. p.193-202.

Asmani, J.M. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Bafadal,I. 2009. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, I. 2016. Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah. Manajemen Pendidikan Volume 25, Nomor 1, Maret 2016. P.1-9.

Bungin, B. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi, I. 2012. Teori Kepemimpinan Managerial (Managership). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Hidayatun. 2007. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Program Studi Manajemen Pendidikan.

Imron,A. 2015. Peningkatan Keprofesionalan Guru Oleh Kepala Sekolah Melalui Penelitian Tindakan Sekolah. Prosiding Seminar Nasional. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mistrianingsih, S. 2016. Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Manajemen Pendidikan Volume 25, Nomor 1, Maret 2016. P.103-111.

Nawawi, H dan Hadari, M. 2012. Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Sobri, A. Y. 2016 Kefektivan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Pendekatan Kecerdasan Emosional. Manajemen Pendidikan Volume 23, Nomor 1, Maret 2010. P.82-89.

Soetopo, H. 2012. Perilaku Organisasi Teori Dan Praktik Di Bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarsono, R. B., Imron, A. Wiyono, B. B., dan Arifin, I. Parent’s Participation in Improving the Quality of Elementary School in the City of Malang, East Java, Indonesia. International Education Studies, Volume 9, No. 10, p.256-262.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Banyumedia Publishing.

Uno, H. 2012. Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)



Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

klik disini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.