The Realitionship between Management and Learning Outcomes of Equality Education Package C Study at the Community Learning Activity Center (PKBM)

Sumiati Sungkono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan dan hasil belajar pendidikan kesetaraan Paket C studi di pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) se Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini tergolong ke penelitian kuantitatif dengan metode survey. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 90 peserta didik yang diambil secara proportionate stratified random sampling dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh variabel pengelolaan (X) memiliki nilai t hitung sebesar 4,344 sedangkan signifikan 0,000. Nilai t tabel diperoleh dari (n-k-1) pada tabel distribusi t yaitu 1,98729. Maka sesuai dengan pengambilan keputusan pada uji t yaitu t hitung>t tabel atau signifikan <0,05 dengan nilai 4,344>1,98729 atau nilai signifikan 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pengelolaan (X) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Hasil Belajar (Y) di Program kesetaraan Paket C studi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Musi Banyuasin. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dengan demikian semakin tinggi tingkat atau nilai Pengelolaan maka hasil belajar juga akan semakin tinggi atau meningkat.

Keywords


Pengelolaan; Hasil Belajar; Pendidikan Kesetaraan; Paket C; PKBM

Full Text:

PDF

References


Al-Shuaibi, A., 2014. The importance of education. Salalah College of Technology.

Anon., 2022. Ditjen Diksi Luncurkan Program PKK dan PKW 2021 | Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. s.l., s.n.

Anon., n.d. Banpaudpnf.kemdikbud.go.id. [Online]

Available at: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf

[Accessed 14 Mey 2022].

Hamalik, O., 2011. Proses Belajar Mengajar. Bandung: YP. Permindo.

Indonesia., 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Kebudayaan, K. P. d., 2022. Data Referensi Pendidikan. [Online]

Available at: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index31.php

Kristiawan, M., Safitri, D. & Lestari, R., 2017. Manajemen pendidikan. Sleman: Deepublish.

Maryana, R., Nugroho, A. & Rachmawati, Y., 2013. Pengelolaan Lingkungn Belajar. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Matahari, G., 2022. BAB II NEW.docx. [Online]

Available at: https://www.academia.edu/37062954/BAB_II_NEW_docx

[Diakses 17 April 2022].

Purwanto, 2016. Evaluuasi hasil belajar. Bandung: Pustaka Belajar.

Putri, A. d. w., 2017. Hubungan Antara Pengelolaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Kelompok Belajar Paket C di Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Citra Kabupaten Lumajang. Lumajang: Universitas Jember.

Setiawan, G. et al., 2020. Analisis Efektivitas Pemasaran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Masa Depan Cerah Bandung Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Ilmiah Nasional 2, pp. 59-69.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-fakto yang memperngaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Statistics, U. I. f., 2022. Out-of-School Children and Youth | UNESCO UIS. [Online]

Available at: http://uis.unesco.org/en/topic/out-school-children-and-youth

Sudjana, D., 2014. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2017. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Suryono, Y. & Tohani, E., 2016. Inovasi Pendidikan Nonformal. Yogyakarta: Graha Cendikia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats