Merdeka Belajar Curriculum Development Design K-13 Revision on PAI in Elementary Education
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan desain kurikulum merdeka edisi revisi dari kurikulum 2013 di sekolah dasar, dan menghadapi keterampilan abad ke-21 pada peserta didik. Jenis penelitian library research, yakni melibatkan buku, artikel, jurnal yang berkaitan dengan desain pengembangan kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan data dari Kemendikbudristek menjadi bahan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan kurikulum Merdeka Belajar edisi revisi kurikulum 2013 adanya pengembangan pada peranan peserta didik. Pada kurikulum Merdeka desain pengembangan kurikulum lebih memfokuskan pada peranan peserta didik (learner centered design), sehingga peserta didik mampu belajar dengan sesuai minat, bakat, dan kreativitas. Diharapkan dari pengembangan kurikulum Merdeka ini dapat mencapai tujuan dari pendidikan nasional. Prinsip kurikulum adalah rancangan, implementasi, dan evaluasi. Guru sebagai peran penting dalam pendidikan, maka diharapkan dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang telah dirancang. Hal ini bertujuan agar materi yang disampaikan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berdaya saing secara global.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, S. and dkk (2021) ‘Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 69–78.
Azkiah, H. and Hamami, T. (2021) ‘Desain Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Pengembangan Kurikulum 2013’, Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 81–93. Available at: https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1147.
Dhikriana, M.R. (2022) Integrasi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran (Studi Kasus di SD Islamic Internasional School). IAIN Ponorogo.
Ghozali, M.A. and dkk (2022) ‘Desain Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya untuk Program Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JET), 3(2), 225. Available at: https://doi.org/1051454/jet.v3i2.184.
Hidayat (2020) ‘Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013’, 6(2), 135. Available at: https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3792.
Huma, H. (2021) ‘Desain Pengembangan Kurikulum’, Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 47-59. Available at: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.849.
Hutomo, G.S. and Hamami, T. (2020) ‘Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum PAI’, At-Tafkir: Pendidikan Hukum dan Sosial Keagamaan, 13(2), 143–152. Available at: https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1624.
Irawan, D. and dkk (2022) ‘Pengembangan Kurikulum PAI Model Kurikulum 2013’, Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 71. Available at: https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v14i1.4811.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, dan dkk. (2022). “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1), 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Isnawati (2021) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Sekolah yang Menggunakan Kurikulum Cambridge International (Studi di SMA Madania Bogor). UIN Syarif Hidayatullah. Available at: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/58245.
Karomatunnisa, A.-Z.A. and Sholih, J.A.U. (2022) ‘Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Ketarampilan Abad 21’, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 522–528. Available at: https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54755.
Kemendikbudristek (2022) ‘Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi Republik Indonesia’, in. Available at: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan%20Kepmendikbudristek%20No.56%20ttg%20Pedoman%20Penerapan%20Kurikulum.pdf.
Khoirurrijal and dkk (2022) Pengembangan Kurikulum Merdeka. Cetakan 1. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Mahrus (2021) ‘Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Annaba’ STIT Muhammadiyah Paciran, 7(1), pp. 81–100. Available at: https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.93.
Sugiyono (2017) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D’, in. Bandung: Alfabeta.
Sukiman (2015) Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Cetakan Pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilowati, E. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 123–132. Available at: https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85.
Syaodih, N.S. (2015) Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Trinove, Z. (2013) ‘Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Al-Ta’lim, 1(4), 325–335. Available at: https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.28.
Wulandari, W. and dkk (2022) ‘Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Muara Enim.’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 79. Available at: https://doi.org/10.19109/pairf.v4i1.9679.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.