EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN DI SMA LABORATORIUM

Tri Firmansyah, Achmad Supriyanto, Agus Timan

Abstract


Abstract: The aim of writing this article is to determine of school citizens utilization of facilities and infrastucture effectively. The method used for this research is descriptive qualitative research approach. The result of this study is indicate that facilities and infrastuctures in schools have met the standards. Its use of the laerning process should stiil be improved, as a continuous improvement of service quality to fill the reality up and expectation for consumers.

Keywords: efectiveness, fasilities, service quality

Abstract: Penulisan artikel ini bermaksud untuk mengetahui kefektivitas pemanfaatan warga sekolah terhadap sarana dan prasarana secara efektif. Metode penelitian mengunakan ialah penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sarana dan prasarana di sekolah telah memenuhi standar, pemanfaatan sarana prasarana pada proses pembelajaran tetap harus ditingkatkan, sebagai peningkatan mutu layanan secara terus-menerus untuk memenuhi kenyataan dan harapan bagi pelanggan.

Kata Kunci: efektivitas, sarana prasarana, mutu layanan

 

DOI : 10.17977/um025v2i32018p179


Full Text:

PDF

References


Andriyani, D. A. 1998. Program Peningkatan Kualitas Guru Berbasis Kebutuhan. Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Awaluddin, & Saputra, E. 2016. Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3.

B, B. 2015. Analisis Peranan Sarana Dan Prasarana Penjasorkes Terhadap Minat Belajar Penjasorkes Di Sma Negeri 10 Makassar. JUrnal Ilara, 65.

Dawos, G. G., Suharto, N., & Rosalin, E. 2013. Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana terhadap Mutu Layanan Sarana Prasarana Diklat di Pusat Pelatihan Geologi Bandung. Jurnal Adminisistrasi dan Manajemen Pendidikan .

Elfahmi, E. K., & Amida, F. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Peserta Didik Studi Pada Man Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Universitas Pamulang, 1.

Gaspersz, V. 2005. Total Quality Management. Jakarta: Gramei Pustaka Utama.

Gunawan, I., & Benty, D. N. 2017. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I., & Benty, D. N. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Habeber, J. B., & Webb, M. w. 2010. Total Quality Managemen. Jakarta: Indeks.

Herteno, R. 2016. Visualisasi Secara Spasial Cluster Kerusakan Sarana dan Prasarana Sekolah . Jurnal Speed.

Ismaya, B. 2015. Pengelolaan Pendidikan . Bandung: Refika Aditama.

Junaidi. 2010. Indikator Sarana Prasarana Pendidikan. Fakultas Ekonomi Universitas Jambi.

Junaidi, A., & Subagya. 2014. Kesiapan Sarana Dan Prasarana Dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri Program Studi Teknik Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (Tkr) Sekabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Taman Vokasi UNiversitas Sarjanawiya tamansisa, 8.

Khoriyah, S. 2015. Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Sdn 1 Pendowo Asri Dente Teladas Tulang Bawang. Junal FKIP Unila, 8.

Ligawati, N. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Universitas Kanjuruhan , 1.

Mishadin. 2012. The Effectiveness Of Computer-Based Learning Media In The Electronics Subject On The Students’ Learning Achievement . Fakultas Teknik Universitan Negeri Yogyakarta, 4.

Misnawati. 2016. Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegar. Jurnal Fisip Unmul, 1.

Mustari, M. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Pahlepi, R. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatakn Mutu Pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, 1.

Putri, D. A. 2016. Pengaruh Sarana Prasarana Sekolah Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pemasaran Di Smk Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Junal FKIP UNiversitas Sebelas Maret, 1.

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. PPs PAUD Universitas Negeri Jakarta, 1.

Sallis, E. 2011. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: IRCiSoD.

Sawitry, I. H. 2015. Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Pada Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Mulawarman. Junal Fisip Unmul, 1.

Septi, I. Y. 2012. Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Melalaui Pengembangan Program Sekolah. Jurnal Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sudayono. 2017. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Sunandar, A. 2013. Efektivitas Keberadaan Komite Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Layanan Sekolah. Universitas Negeri MaLang.

Supriyanto, A. 2011. Implementasi Total Quality Management Dalam Sistem Manajemen Mutu Pembelajaran Di Institusi Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3.

Wijaya, D. 2008. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabu.

Wiyono, B. B. 2007. Metodelogi Penelitian. Malang: Rasindo Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i32018p179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats