PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROFESI SEBAGAI PENDIDIK TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ayu Mardiyani

Abstract


Abstract: The aims of this study are to describe: the teachers’ perception as educator; the level of work motivation and teacher performance; the effects of perception on work motivation and performance; the effects of work motivation on the teacher performance; and the indirect effect of perception on the teacher performance. This study used a quantitative approach with a correlational multivariate design. The sample of study consisted of 109 teachers that were selected through the proportional random sampling technique. Results indicate: the educator role was moderately perceived by teachers; teachers’ work motivation and the performance were at a moderate level; the perception significantly influenced work motivation. However, there was no significant direct effects of perception on the level of teacher performance. Their effects were meadiated by the increased motivation.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: persepsi guru sebagai pendidik;  tingkat motivasi kerja dan kinerja guru; pengaruh persepsi terhadap motivasi kerja dan kinerja; pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja; dan pengaruh tidak langsung persepsi terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Sampel penelitian ini terdiri dari 109 orang guru yang ditetapkan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: persepsi guru sebagai pendidik dalam tingkatan sedang; motivasi kerja dan kinerja guru dalam tingkatan sedang; terdapat pengaruh signifikan persepsi terhadap motivasi kerja. Walaupun, tidak terdapat pengaruh signifikan persepsi terhadap kinerja secara langsung. Terdapat pengaruh persepsi terhadap kinerja guru yang dimediasi oleh motivasi kerja.

DOI : 10.17977/um025v2i32018p153


Keywords


Persepsi; motivasi; guru; kinerja

Full Text:

PDF

References


Anif, S. 2012. Profesi Guru. Surakarta: Muhammadiyah Universitas Press.

Barnawi & Arifin, M. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Farida, T.H. 2014 Peran Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak (Studi Pada TK Aisyiyah Pembina Piyungan Bantul Yogyakarta). Tesis diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Gibson, James L, dkk. (1997). Organisasi: Perilaku, struktur, proses jilid 1 Edisi Kedelapan. Terjemahan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Ibrahim, 2014. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Persepsi Profesi Guru terhadap Minat dan Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Kependidikan di Fakultas Ekonomi UNY. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Kartono, K & Gulo, D. 2003. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir jaya.

Ling, J. & Catling. J. 2012. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, A, P. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Rivai, V. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbin, S. 2001. Psikologi Umum. Jakarta: Balai Pustaka.

Schunk, D.H. etc. 2012. Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: Indeks.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Suarjana, I. W. 2012. Kinerja Guru Dalam Hubungan Dengan Persepsi Guru Terhadap Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, Dan Sikap Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Sukawati (hlm.1-18). Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS.

Sutanto, E.M. & Patty, F.M. 2014. Persepsi akan Gaji, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan PT. Amita Bara Sejahtera. Journal of Bussiness and Banking, 4 (1): 1-14.

Toha, M. 2007. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H.B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Edisi kedelapan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i32018p153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats