PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BUDAYA AKADEMIK, DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Erika Mei Budiarti

Abstract


Abstract: the purpose of this research to know description of service quality, academic culture, institution brand, and student's satisfaction; to know the relation directly or indirectly between exogenous variable to endogen variable, that is service quality variable, academic culture, institution image, and student satisfaction in Private Collage in Jombang District; and to know the effective contribution of each research variable. The research design used by researchers is the design of quantitative research with sampling technique used is purposive sampling with data analysis using path analysis. The conclusion of this research is descriptive description of service quality variable, academic culture, institutional brand, and student satisfaction in medium category; the presence and absence of relationships in each structure of the proposed hypothesis; and the amount of effective contribution from service quality, academic culture, and institutional brand to the satisfaction of students in Private College in Jombang District is 45%.

 

Abstrak: tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, dan kepuasan mahasiswa; untuk mengetahui hubungan secara langsung maupun tidak langsung antara variabel eksogen terhadap variabel endogen, yaitu variabel kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, dan kepuasan mahasiswa di PTS se-Kabupaten Jombang; serta untuk megetahui besarnya sumbangan efektif masing-masing variabel penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah rancangan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Kesimpulan penelitian ini, yaitu gambaran deskriptif variabel kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, dan kepuasan mahasiswa mahasiswa dalam kategori sedang; terdapat dan tidak terdapatnya hubungan di setiap struktu hipotesis yang diajukan; serta besarnya sumbangan efektif dari kualitas layanan, budaya akademik, dan citra lembaga terhadap kepuasan mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta se-Kabupaten Jombang sebesar 45%.

 

Kata Kunci:   kualitas layanan, budaya akademik, citra lembaga, kepuasan mahasiswa.

 

DOI : 10.17977/um025v2i32018p169


Full Text:

PDF

References


Dabholkar, P.A. & Overby, J.W. Linking Process and Outcome to Service Quality and Customer Satisfaction Evaluations. International Journal of Service Industry Management. 2005. Vol. 16 No. 1 Page 10-27.

Fitriani, D.A. 2013. Teori Perubahan Sosial Karl Marx dan Max Weber. (Online). Diakses pada 24 Mei 2018.

Japarianto, E. 2006. Budaya dan Behavior Intention Mahasiswa dalam Menilai Service Quality. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1 Page 44-52.

Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi

Republik Indonesia. (https://ristekdikti.go.id/148-066-peserta-lulus-sbmptn-2017/). (Online). Diakses, 28 Januari 2018.

Kitchroen, K. 2004. Literature Review: Service Quality in Educational Institutions. ABAC Journal. Vol. 24 No. 2 Page 14-25.

Kotler & Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I dan II. Jakarta: PT. Indeks dan PT Macanan Jaya Cemerlang.

Mulyono, B.H. 2008. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Perumahan Puri Mediterania Semarang. Tesis Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Putra, I.K.M & Yasa, N.K. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra, dan Positive Word of Mouth Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 11 No. 1 Page 91-102.

Reina. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa pada Universitas Bina Nusantara. Binus Business Review. Vol 3. No. 1 Halaman: 563-572.

Saleem, S. 2017. Service Quality and Student Satisfaction: The Moderating Role of University Culture, Reputation and Price in Education Sector of Pakistan. Iranian Journal of Management Studies (IJMS). Vol. 10 N0. 1 Winter 2017. Halaman 237-258.

Simamora, B. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia: Pustaka Umum.

Susanto, P. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial Budaya dan Ekonomi. Vol. VIII. No. I.

Tjiptono, F & Chandra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Triwardhani, D. dan Handayani, T. 2013. Pengaruh Atmosphir Akademik, Budaya, dan Kualitas Layanan terhadap Keinginan Berperilaku. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, dan Teknik Sipil). Vol. 5 Oktober 2013. Bandung 8-9 Oktober 2013. Halaman: 450-456.

Wadwa & Radja. 2006. School Organization. Journal of Education. Vol. 72. Halaman 112-120.

Zeithmal. 2009. Service Marketing. New York: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i32018p169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats