HUBUNGAN PENGGUNAAN JARINGAN INTERNET, PELAYANAN ADMINISTRATIF, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI MAHASISWA

Bahtiar Agung Pambudi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) tingkat penggunaan internet mahasiswa untuk belajar mahasiswa, (2) tingkat pelayanan administrasi bagi mahasiswa,  (3) tingkat minat mahasiswa, (4) tingkat motivasi belajar mahasiswa, (5) tingkat prestasi belajar mahasiswa dan mengetahui (6) hubungan antara penggunaan jaringan internet dengan prestasi belajar mahasiswa (7) pelayanan administrasi dengan prestasi belajar mahasiswa, (8) minat mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa, (9) motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa, (10) penggunaan internet, layanan administrasi, minat mahasiswa, dan motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini yaitu (1) pengunaan internet oleh mahasiswa termasuk dalam tingkat ‘tinggi’, (2) pelayanan administratif termasuk dalam tingkat ‘tinggi’ (3) minat mahasiswa termasuk dalam tingkat ‘tinggi’, (4) motivasi belajar mahasiswa termasuk dalam tingkat ‘tinggi’, (5) prestasi belajar mahasiswa dalam tingkat ‘sangat tinggi’, (6) tidak terdapat hubungan penggunaan jaringan internet dengan prestasi belajar mahasiswa, (7) tidak terdapat hubungan pelayanan administrasi dengan prestasi mahasiswa secara signifikan, (8) terdapat hubungan minat mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa secara signifikan, (9) tidak terdapat hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa, (10) terdapat hubungan penggunaan internet, layanan administrasi, minat mahasiswa, motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi mahasiswa.

 


Full Text:

PDF

References


Dimyati, M. & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Dimyati, M. & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, T,L. 2009. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Indah, Y. F. K. 2017. Keefektifan Konseling Model Transteoritik Untuk Menurunkan Penggunaan Internet Secara Kompulsif Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Program Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang.

Kurniawati, T. 2010. Pengujian Tentang Pengaruh Kualitas Layanan akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Prodi Pendidikan ekonomi Universitas Padang Dengan Motivasi Belajar Sebagai Intervening Variable. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Lamb, H & McDaniel. 2001. Marketing. Singapore: Thompson Learning Asia.

Lovelock, C & Wright, L.K 2005. Manajemen Pemasaran Jasa (Terjemahan). Jakarta: PT Indeks

Mujib, M. 2013. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Mulyasa, E. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursid, Y. 2012. Perbedaan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik Dengan Menggunakan Software Tutorial PLC Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. Yogyakarta: Jurnal Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik UNY

Nurtanto, dkk. 2017. Faktor Pengaruh Minat Masuk Perguruan Tinggi Di SMK Serang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 1, Januari 2017, Hal : 11 P-ISSN : 0216-3241 ; E-ISSN : 2541-0652 http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/600

Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sofyandi, Herman & Garniwa, Iwa. 2007. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukardi, D.K. 1987. Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudarman, 2015. The Effect Of Quality Of Academic Administration Service, Motivation, And Emotional Intelligence To Student Achievement. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Sunarto. 2012. Pengertian Prestasi Belajar. Fasilitator idola (online). http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/ (1 April 2012).

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Van Den Eijnden, Meerkerk, G. J., Vermulst, A. A., Spijkerman, R., & Engles, R. C. M. E. 2008. Online Communicatio, Compulsive Internet Use, and Psychological well-being among adolesence: A Longitudinal Study. Development Psychology.

Wahyudin, dkk. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Semarang: Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 58-62 ISSN: 1693-1246 Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Winkel, S. & S.j. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar Jakarta: Gramedia.

Young, Ed dkk. 2003. Do School Facilities Affect Education Outcomes?. A Staff Information ReportOf Tennessee Advisory Commission on Intergovermental Relations.

Young, K.S. & Rodgers, R. C. 1998. The Relationships Between Depression and Internet Addiction. Cyber Psychology & Behavior, 1, 25-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i32018p159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats