IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI

Renita Silvia Rahayu

Abstract


Kepala sekolah memiliki peran yang strategis dalam mentransformasikan perubahan yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  ciri implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, faktor pendukung,  dan penghambat serta solusi di SDN Percobaan 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini; (1) Ciri implementasi kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah; (a) idealisasi pengaruh yaitu menjadi teladan yang baik dan menumbuhkan kebanggaan bagi warga sekolah, (b) motivasi inspirasional yaitu  mampu membangkitkan semangat, memberikan perhatian, serta kepercayaan bagi warga sekolahnya, (c) konsiderasi intelektual yaitu memberi penghargaan diri bagi guru yang kreatif dan memberi kesempatan warga sekolah untuk menyelesaikan masalahnya, (d) stimulasi intelektual yaitu mengikut sertakan guru dan staf dalam pelatihan, dan melakukan supervisi kunjungan kelas. (2) Faktor pendukung yaitu kemampuan guru dan staf dalam melaksanakan tugas, orang tua aktif dalam pendidikan anak, supervisi dari pengawas, dan tes kesehatan peserta didik oleh puskesmas secara berkala (3) Faktor penghambat dan solusi yaitu kurang disiplinya orang tua mengantar dan menjemput siswa, dan terdapat beberapa guru yang terlambat saat datang ke sekolah. Solusinya kepala sekolah memberitahukan kepada orang tua siswa agar mengantar dan menjemput anaknya sesuai dengan jadwal,  kepala Sekolah memberikan contoh langsung berangkat lebih pagi untuk jabat tangan dengan peserta didik, dan melakukan supervisi


Keywords


kepemimpinan; transformasional; kepala sekolah

Full Text:

PDF

References


Asmani, M. J. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Professional. Jogjakarta: DIVA Press.

Cavazotte, F. 2013. Transformational Leaders and Work Performance: The

Mediating Roles of Identification and Self-efficacy. BAR (Brazilian Administration Review) Rio de Janeiro, (Online), 10 (4):1-2, (http://www.anpad.org.br/bar), diakses 30 Desember 2016.

Handoko, H. T. 2009. Manajemen (Edisi 2). Yogyakarta: BPFE UGM.

Komariah dan Triatna. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mittal, R. 2015. Charismatic and Transformational Leadership Styles: A Cross-Cultural Perspective. International Journal of Business and Management, (Online), 10 (3):26-27,(http://dx.doi.org/10.5539/ijbm.v10n3p26), diakses 30 Desember 2016

Mulyasa. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustiningsih. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Rohmat. 2010. Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

Wiyono, B.B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Wiyono, B.B. 2013. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah ( Konsep, Pengukuran, dan Pengembangan). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Wiyono.B.B.2007. Self Evaluation Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Zulkarnain, W. 2013. Dinamika Kelompok: Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Renita Silvia Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats