PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY SISWA KELAS V

Sayuti Sayuti

Abstract


Abstract: the purpose of this study is so that students can build their own knowledge, be critical, seek clarity, and make that knowledge meaningful. The formulation of the problem in this study is whether there is an increase in Civic Education (PKn) learning achievement through Cooperative learning type Two Stay Two Stray class V students of SD Negeri Brumbun, Wungu District, Madiun in the academic year 2017/2018. The approach used in this study is a quantitative approach, with a type of action research. In this study researchers collaborated with other teachers. Referring to the action hypothesis proposed in this class action research was obtained in the first cycle the results of the average learning achievement was 70.91 (66.67%), in the second cycle experienced an increase of 86.06 (93.94%), then it can be concluded that: there is an increase in Civic Education (PKn) learning achievement through cooperative learning type Two Stay Two Stray class V students of SD Negeri Brumbun, Wungu District, Madiun in the academic year 2017/2018.

 

Abstrak: tujuan penelitian ini adalah agar siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya, bersikap kritis, mencari kejelasan, dan membuat pengetahuan tersebut bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray siswa kelas V SD Negeri Brumbun Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini didapatkan pada siklus I hasil rata-rata prestasi belajar sebesar 70,91 (66,67%), pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 86,06 (93,94%), maka dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui pembelajaran Kooperatif  tipe Two Stay Two Stray siswa kelas V SD Negeri Brumbun Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2017/2018 sehingga nilai ulangan/hasil belajar siswa dapat meningkat daripada sebelumnya.


Keywords


Prestasi Belajar; Pembelajaran,; Two Stay Two Stray

Full Text:

PDF

References


Ahadang, A.. Saneba, B, & Hasdin. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 melalui Metode Diskusi. Jurnal Kreatif Tadaluko Vol. 2 No. 3. (Online). Diakses 16 Oktober 2018. (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=174633&val=5150&title=Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20Pada%20Mata%20Pelajaran%20PKn%20%20di%20Kelas%20IV%20SDN%20Palabatu%201%20Melalui%20Metode%20Diskusi).

Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Make a Match pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SDN Karyawangi 2. Jurnal JPSD Vol. 3 No. 1 Maret 2017. (Online). Diakses 16 Oktober 2018. (jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/download/1331/2693)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i12018p030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sayuti Sayuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats