FAKTOR-FAKTOR MOTIVASIONAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA OSIS DI SMA NEGERI

Farida Nuraini

Abstract


Abstract: This study aims to determine the factors of motivation and influence on the loyalty of OSIS members in SMAN Malang city. This study used a quantitative approach with a correlational multivariate design. The results showed that: (1) motivation factors are physiological, security, social, appreciation, and self-actualization; (2) loyalty factors of membership and duties; (3) physiological needs in the high category, high security needs in categories, high social needs in categories, the need for awards in the medium category, and self-actualization needs in the high category, (4) membership in the moderate category, and tasks in the high category; (5) there is influence of motivation to loyalty; simultaneously there is the influence of motivation factors on membership factors, partially motivation factors that affect the membership factor is the need for appreciation and self-actualization needs, simultaneously there is the influence of factors of motivation on the task factor, partially motivation factors that affect the task factor are social needs, reward needs, and self-actualization needs. Keywords: motivation, OSIS members Loyality

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi dan pengaruhnya terhadap loyalitas anggota OSIS di SMAN se-kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor motivasi yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri; (2) faktor-faktor loyalitas yaitu keanggotaan dan tugas; (3) kebutuhan fisiologis dalam kategori tinggi, kebutuhan keamanan dalam kategori tinggi, kebutuhan sosial dalam kategori tinggi, kebutuhan penghargaan dalam kategori sedang, dan kebutuhan aktualisasi diri dalam kategori tinggi, (4) keanggotaan dalam kategori sedang, dan tugas dalam kategori tinggi; (5) terdapat pengaruh motivasi terhadap loyalitas; secara simultan terdapat pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor keanggotaan, secara parsial faktor motivasi yang berpengaruh terhadap faktor keanggotaan adalah kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri, secara simultan terdapat pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor tugas, secara parsial faktor motivasi yang berpengaruh terhadap faktor tugas adalah kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.

Keywords


Motivasi; Loyalitas; OSIS

Full Text:

PDF

References


Amir, M. T. 2017. Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana.

Darmawan, D. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Darwis, R. 2017. Pentingnya Peran Anggota dalam Organisasi, (Online), (https://prezi.com/1wpcz-yxkasz/pentingnya-peran-anggota-dalam-organisasi/), diakses pada 18 Januari 2018.

Hurriyati, R. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kleinig, J. 2017. Loyalty. (Online), (https://plato.stanford.edu/entries/loyalty/), diakses pada 4 November 2017.

Kusuma, I. 2003. Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Loyaljtas Karyawan PT. Industri LJFF Indo Nusantara. (Online), (http://repository.unair.ac.id/50602/) , diakses pada 5 Mei 2018.

Mehta, S, dkk. 2010. Employee Loyalty towards Organization -A study of Academicia, Int.J.Buss.Mgt.Eco.Res, 1(1) 98-108.

Moorhead, G. & Griffin, R. 2013. Perilaku Organisasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mustiningsih. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Robbin, S. & Judge, T. A. 2007. Perilaku Organisasi: Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian. S. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Simbolon, H. 2015. Pengaruh Motivasi Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Bagian Marketing Pada Pt.Agung Automall Cabang Pekanbaru Jom FISIP Nomor 2 Volume 1. (Online), (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5105/4985), diakses pada 9 Mei 2018.

Sisdawati, C. L. 2016. Analisis Motivasi yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja Manajer di Kawasan Industri Terboyo Semarang (Tinjauan Berdasarkan Teori Kebutuhan Maslow). (Online), (http://repository.unika.ac.id/9189/), diakses pada 9 Mei 2018.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i12018p016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Farida Nuraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats