FAKTOR-FAKTOR MOTIVASIONAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA OSIS DI SMA NEGERI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi dan pengaruhnya terhadap loyalitas anggota OSIS di SMAN se-kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor motivasi yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri; (2) faktor-faktor loyalitas yaitu keanggotaan dan tugas; (3) kebutuhan fisiologis dalam kategori tinggi, kebutuhan keamanan dalam kategori tinggi, kebutuhan sosial dalam kategori tinggi, kebutuhan penghargaan dalam kategori sedang, dan kebutuhan aktualisasi diri dalam kategori tinggi, (4) keanggotaan dalam kategori sedang, dan tugas dalam kategori tinggi; (5) terdapat pengaruh motivasi terhadap loyalitas; secara simultan terdapat pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor keanggotaan, secara parsial faktor motivasi yang berpengaruh terhadap faktor keanggotaan adalah kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri, secara simultan terdapat pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor tugas, secara parsial faktor motivasi yang berpengaruh terhadap faktor tugas adalah kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. T. 2017. Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana.
Darmawan, D. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Darwis, R. 2017. Pentingnya Peran Anggota dalam Organisasi, (Online), (https://prezi.com/1wpcz-yxkasz/pentingnya-peran-anggota-dalam-organisasi/), diakses pada 18 Januari 2018.
Hurriyati, R. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kleinig, J. 2017. Loyalty. (Online), (https://plato.stanford.edu/entries/loyalty/), diakses pada 4 November 2017.
Kusuma, I. 2003. Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Loyaljtas Karyawan PT. Industri LJFF Indo Nusantara. (Online), (http://repository.unair.ac.id/50602/) , diakses pada 5 Mei 2018.
Mehta, S, dkk. 2010. Employee Loyalty towards Organization -A study of Academicia, Int.J.Buss.Mgt.Eco.Res, 1(1) 98-108.
Moorhead, G. & Griffin, R. 2013. Perilaku Organisasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Mustiningsih. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Robbin, S. & Judge, T. A. 2007. Perilaku Organisasi: Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.
Siagian. S. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Simbolon, H. 2015. Pengaruh Motivasi Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Bagian Marketing Pada Pt.Agung Automall Cabang Pekanbaru Jom FISIP Nomor 2 Volume 1. (Online), (https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5105/4985), diakses pada 9 Mei 2018.
Sisdawati, C. L. 2016. Analisis Motivasi yang Mempengaruhi Loyalitas Kerja Manajer di Kawasan Industri Terboyo Semarang (Tinjauan Berdasarkan Teori Kebutuhan Maslow). (Online), (http://repository.unika.ac.id/9189/), diakses pada 9 Mei 2018.
Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zulkarnain, W. 2018. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i12018p016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Farida Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.