HUBUNGAN KOMPETENSI GURU, PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Ismakrufah Ismakrufah, Maisyaroh Maisyaroh, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the relationship of teacher’s competence, school administratives services (TAS) and students learning motivation. This research uses a descriptive correlational research design. The population of this study is students who were taken by using systematic proportional random sampling technique. Data analysis used is descriptive analysis technique and double correlation. The result of the research shows that there is a significant correlation between teacher’ers competence and student's learning motivation, there is significant correlation between TAS services and student's learning motivation, there is a significant correlation between teacher’s competence, TAS service and student's learning motivation.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kompetensi guru, pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yang bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini ialah siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sistematis proportional random sampling. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif dan korelasi ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan TAS dan motivasi belajar siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru, pelayanan TAS dan motivasi belajar siswa.


Keywords


Kompetensi; Pelayanan; Motivasi Belajar; Competency Service; Motivation to Learn

Full Text:

PDF

References


Atmoko, T.A.B. 2016. Hubungan Layanan Bimbingan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016, (Online), (http://repository.upy.ac.id), diakses tanggal 05 Oktober 2017.

Chumaedi,A. 2011. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Tarikh di SMA Muhammadiyah Sewon Bantul, (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id), diakses tanggal 05 Oktober 2017.

Erlanggono, E. & Kurniawan, E.S. & Sriyono. 2012. Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa IPA Fisika dengan Memanfaatkan Computer Assisted Instruction (CAI) pada Siswa SMP Negeri 6 Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Vol. 02 No. 01, (http://id.portalgaruda.org), diakses tanggal 02 Oktober 2017.

Hasan, I. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya, Ghalia: Indonesia.

Maisyaroh & Wiyono, B.W. & Burhanuddin & Rasyad. 2012. The Relation of Educational Supervision and Teacher’s Teaching Skills. Advanced in Economics, Business and Management Research, (Online), Vol. 45, (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/), diakses tanggal 10 Februari 2018.

Mulyasa. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyono. 2012. Pengaruh Kesesuaian Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Bagian Administrasi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, (Online), Vol. 01 No. 01, (http://id.portalgaruda.org), diakses tanggal 02 November 2016.

Mustiningsih. 2009. Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Novandi, R. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X1 AK SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun Ajaran 2011/2012, (Online), Vol. 02 No. 01, (ttps://journal.uny.ac.id), diakses tanggal 05 Oktober 2017.

Prihastono, E. 2012. Pengukuran Kepuasan Konsumen pada Kualitas Pelayanan Customer Service berbasis WEB. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, (Online), (download.portalgaruda.org), diakses tanggal 05 Oktober 2017.

Shidiq, M.L. 2011. Hubungan Pelayanan Wali Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas I Jurusan Otomotif SMK Piri I Yogyakarta, (Online), (eprints.uny.ac.id), diakses tanggal 11 Oktober 2017.

Solihah, S.H. 2011. Hubungan antara Kompetensi Guru dengan Motivasi Belajar pada Siswa Boarding School SMP Plus Al-Aqsha di Jatinangor Sumedang, (Online), ( http://digilib.uinsgd.ac.id), diakses tanggal 05 Oktober 2017.

Sopiatin, P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. 2012. Service Management (Mewujudkan Pelayanan Prima). Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id), diakses tanggal 02 Oktober 2017.

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R.B. 2011.Manajemen Perkantoran Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i22019p077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ismakrufah Ismakrufah, Maisyaroh Maisyaroh, Mustiningsih Mustiningsih

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats