PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA DALAM BIDANG ADMINISTRASI PESERTA DIDIK MELALUI APLIKASI SMART SOLUTION

Abd Munif

Abstract


Abstract: Tracking diploma documents is still experiencing difficulties, because the documentation system is still manual. Mojoagung Jombang Vocational School graduated 475 students on average each year, so the diploma documentation had over capacity if the documentation system was carried out manually. This study aims to create a computer-based diploma documentation system, streamlining the search for diploma documents and making certificates of diploma replacement. Analysis of the findings was conducted using the ADDIE model development research method. The result of the smart solution application that has been implemented since 2018 is that the search time is shorter, which is 15 minutes of service, able to print the required letter documents automatically. The smart solution application has provided convenience for both school administration staff and school clients. So that it can improve the excellent service of students' administration.

 

 

Abstrak: Pelacakan dokumen ijazah selama ini masih mengalami kesulitan, karena system dokumenasinya masih manual. SMKN Mojoagung Jombang rata-rata setiap tahun meluluskan 475 siswa, sehingga dokumeasi ijazah mengalami over capasitas jika sistem pendokumentasiannya dilakukan secara manual. Kajian ini bertujuan untuk membuat sistem dokumentasi ijazah berbasis computer, mengefisienkan pencarian dokumen ijazah dan pembuaan surat keterangan pengganti ijazah. Analisis temuan dilakukan dengan metode penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil aplikasi smart solution yang sudah diterapkan sejak tahun 2018 adalah waktu pencarian mejadi lebih singkat yaitu 15 menit perlayanan, mampu mencetak dokumen surat yang dibutuhkan secara otomatis.  Aplikasi smart solution telah memberikan kemudahan baik bagi staf administrasi sekolah maupun klien sekolah. Sehingga bisa meningkatkan pelayanan prima administrasi peserta didik.


Keywords


Quality; Excellent Service; Application; Smart Solution; Kualitas; Pelayanan Prima; Aplikasi; Smart Solution

Full Text:

PDF

References


Sedarmayanti. 2009. Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan: Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik. Bandung : Refika Aditama.

Boone, L.E. & Kurtz, D.L. 2007. Contemporary Business. South Western USA: Thomson Learning.

Ismail. 2010. Menuju Pelayanan Prima. Yogyakarta: Averrois Press.

Jaya, A. R. J. K., dan Soetopo, H. 2007. Hubungan persepsi Kualitas Jasa Pendidikan dengan Kepuasan Mahapeserta didik. Manajemen Pendidikan, Volume 20, Nomor 2, September 2007.

Siagian, S. P. 1994. Administrasi Pembangunan Konsep, Dimensi dan Straginya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarsono, R. B. 2012. Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahapeserta didik terhadap Kualitas Layanan Laboratorium. Manajemen Pendidikan, Volume 23, Nomor 6, September 2012.

Supriyanto, A. 1999. Total Quality Management di Bidang Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Usman, H. 2012. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. (Edisi 4). Jakarta: Bumi Aksara

Winarno, E. & Zaki, A. 2013. Belajar Pemrograman VB6 dalam Sekejap. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R. B. 2018. Manajemen dan Etika Perkantoran: Praktik Pelayanan Prima. Bandung: Rosda.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i12019p014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats