STUDI EVALUASI PELAKSANAAN ASSESMEN BERBASIS KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Eufrasia Jeramat, Fransiskus Nendi, Silfanus Jelatu, Alberta Parinters Makur, Yohanes Kumiawan

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the implementation of class-based assessments in Langke Rembong Secondary School viewed from the context, input, process, and product (CIPP) variables. This research includes quantitative evaluative analysis. The sample in this study was the principal: Deputy headmaster, teachers of Mathematics, and Natural Sciences courses. Data was collected using interviews, observation, and documentation. Data analyzed by descriptive analysis. Determine the effects of implementing a class-based assessment, the raw score is transformed into a T-score then verified into the Glickman prototype. Results of the reviews that the performed of class-based assessments in SMP Negeri II Langke are relatively active seen from the variables of context, input, process, and input with the results in quadrant III (+ - + +). There is because the CIPP evaluation used refers to the assessment standard. The researcher suggested that in the future, the teacher of Langke Rembong Junior High School II should always improve their competencies and resources through training activities.

 

Keywords: Class-Based Evaluation;  Implementation; Assessment Study

 

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan penilaian berbasis kelas di Sekolah Menengah Langke Rembong dilihat dari variabel konteks, input, proses, dan produk (CIPP). Penelitian ini termasuk analisis evaluatif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah: Wakil kepala sekolah, guru Matematika, dan kursus Ilmu Pengetahuan Alam. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Menentukan efek dari penerapan penilaian berbasis kelas, skor mentah diubah menjadi skor-T kemudian diverifikasi ke dalam prototipe Glickman. Hasil review yang dilakukan penilaian berbasis kelas di SMP Negeri II Langke relatif aktif dilihat dari variabel konteks, input, proses, dan input dengan hasil di kuadran III (+ - + +). Ada karena evaluasi CIPP yang digunakan mengacu pada standar penilaian. Peneliti menyarankan bahwa di masa depan, guru SMP II Langke Rembong harus selalu meningkatkan kompetensi dan sumber daya mereka melalui kegiatan pelatihan.


Keywords


Class-Based Evaluation; Implementation; Assessment Study; Evaluasi Berbasis Kelas; Pelaksanaan; Studi Penilaian

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. 2010. Penyusunan Alat Penilaian Hasil belajar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta. Yogyakarta.

Jihad,Asep &Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta: Multi Pressindo

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Angelo, T.A., 2003, Classroom Assessment Techniques, Kansas City Kansas Community College.Http:www.kckcc.edu/sevices/institutional Services/assessment/cats. aspx (25 April 2019).

Saefudin, Asis. 2012. Merancang Teknik Penilaian Berbasis Kelas: Kasus Guru Fiqih Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam (online) Vol 27, Iss 1,(Pp47-65) (http://journal.uinsgd.ac.id/ diakses 29 Oktober 2019)

Sax, Gilbert.1980. principels of educational and physicological Measurement and Evaluation ( 2nd edition). California. Wadshword Publishing Company

Suwono, Hadi. 2009. Model Pelatihan Berbasis Kelompok Kerja Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Perangkat Penilaian Berbasis Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan UM (online) Vol 16 No 1 (2009) (http://journal.um.ac.id/ diakses 29 Oktober 2019)

Koswara,D. 2014. Sistem Penilaian Berbasis Kelas Bidang Studi Bahasa Indonesia. (http://file.upi.edu di akses pada 15 juni 2019)

Subandi,dkk. 2003. Penerapan Asessment Portpolio dalam Pembelajaran Metode Diskrit: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Laporan Hasil Penelitian. Malang: FMIPA UM

Stufflebeam, David L & Shinkfield, Anthony J. 1986. Systematic Evaluation. USA: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Koyan, I Wayan. 2007. Asesmen Dalam Pendidikan (Makalah disajikan pada Pelatihan Metodelogi Penelitian bagi dosen – dosen FKIP Unsiyah di Universitas Syiah Kuala). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa

Depdiknas., 2004, Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Fisika. Direktorat Jendral Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Jakarta

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i12019p022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats