IMPLEMENTASI MANAJEMEN DAN SUPERVISI PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR

Shintia Dwi Alika

Abstract


Abstract: This study aims to describe the application of management and supervision at the Yogyakarta Neutron Tutoring Institute, Ungaran Semarang branch. The study was conducted at the Yogyakarta Neutron Tutoring Institute, Ungaran Semarang branch. The research method used is qualitative research with a case study design. Data collection techniques through observation and documentation. The results showed that the role of education management in the Yogyakarta Neutron Tutoring Institute at Semarang Ungaran branch was clearly visible which included organizing, motivation, leadership and power, communication in school management, coordination and organization, negotiation and conflict, control, and integrated quality management that had been implemented at the Neutron Guidance Institute of Semarang Ungaran Branch.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen dan supervisi di Lembaga Bimbingan Belajar Neutron Yogyakarta cabang Ungaran Semarang. Penelitian dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar Neutron Yogyakarta cabang Ungaran Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran manajemen pendidikan di Lembaga Bimbingan Belajar Neutron Yogyakarta cabang Ungaran Semarang jelas terlihat yang meliputi pengorganisasian, motivasi, kepemimpinan dan kekuasaan, komunikasi dalam manajemen sekolah, koordinasi dan organisasi, negosiasi dan konflik, pengendalian, serta manajemen mutu terpadu yang telah diimplemantasikan di Lembaga Bimbingan Belajar Neutron Cabang Ungaran Semarang.


Keywords


management implementation; supervision; tutoring; implementasi manajemen; supervisi; bimbingan belajar

Full Text:

PDF

References


Sofyan, A. dkk. 2005. Peningkatan Supervisi dan Evaluasi pada Madrasah ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Agama RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Tanzeh, A. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Asmani, J.M. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Bogdan, B. 1982. Pengantar Studi Penelitian. Bandung: PT Alfabeta.

Bush, T & Coleman, M. 2000. Leadership and Strategic Management in Education. London: Paul Chapman Publishing Ltd.

Dachlan, Usman. 2014. Panduan Lengkap Structural Equation Modeling. Semarang: Lentera Ilmu.

Gibson, I. & Donnely. 2003. Organisasi dan Manajemen: Perilaku Struktur. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendarman dan Martono, S.P. 2002. Negosiasi. Jakarta: Depdiknas.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Prihantoro, A. 2012. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, dan Komitmen (Studi Kasus Madrasah di Lingkungan Yayasan Salafiyah, Kajen, Margoyoso, Pati).

Sagala, S. 2004. Manajemen Strategic dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi dan Pemberdaayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasisnya. Malang: Media Nusa Creative.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i22020p0120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats