Efektifitas Model Pembelajaran CRV Ideal Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Tunarungu

Mirnawati Mirnawati, Imam Yuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran CRV-IDEAL dalam meningkatkan partisipasi belajar mahasiswa tunarungu dalam kegiatan perkuliahan di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenic penelitian ekperimen tipe pre eksperimen, desain penelitian menggunakan one group pretest posttes (O1 X O2). Subjek pada penelitian ini adalah 5 orang mahasiswa tunarungu semester V (3 orang laki-laki dan 2 orang perempuan), penelitian di lakukan di program studi pendidikan khusus FKIP ULM Banjarmasin, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertisipasi belajar mahasiswa tunarungu pada pretest berada dalam kategori kurang baik dengan nilai rata-rata sebesar 32,4, sedangkan pada posttest partisipasi belajar mahasiswa tunarungu termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 69. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi belajar mahasiswa tunarungu secara signifikan setelah penerapan model pembelajaran CRV-IDEAL dalam kegiatan perkuliahan yang menyesuaikan dengan kebutuhan belajar dan prinsip pembelajaran anak tunarungu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model CRV-IDEAL efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar mahasiswa tunarungu.


Keywords


Model pembelajaran crv-ideal; Partisipasi Belajar; Mahasiswa Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Gideon Kwesi, Obosu., et, al. (2013). “The Use of Visual Art Forms in Teaching and Learning In Schools for The Deaf in Ghana: Investigating The Practice”. International Journal of Innovative Research and Development. Vol. 2 Issue 5, May 2013.

Handayani, Endang Sri & Priyono, Anwar Mohammad. Peningkatan Pemahaman Dongeng Anak Tunarungu Melalui Simulation Based Learning. Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS). 2017: Vol. 4(1): PP 9 – 15

Holcomb, T. K. & Smith, D. H. 2019. Book Review Deaf-Heart in the Interpreting Field. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 2019, 317.

Li, Degao, et. al. (2013). “Deaf and Hard of Hearing Adolescents’ Processing of Pictures and Written Words for Taxonomic Categories in a Priming Task of Semantic Categorization”. American Annals of the Deaf Fall 2013 Journal. Vol. 158. Ed. 4. Tahun 2013.

Linawati, Ririn. 2012. Penerapan Metode Mathernal Reflektif Dalam Pembelajaran Berbahasa Pada Anak Tunarungu Di Kelas Persiapan Slb Negeri Semarang. Journal of Early Childhood Education Papers. Belia 1 (1) (2012)

Mirnawati; Rachman, Ali & Warni, Algia. 2019. Persepsi Guru Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Banjarmasin. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya. Tahun XV, No. 27 Februari. 2019

Mirnawati. 2019. Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Melalui Penggunaan Media Kartu Kotif Berbasis Animasi Power Point Pada Siswa Tunarungu. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya. Tahun XV, No. 28 Oktober. 2019

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi.

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Susilawati, S. Y. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN TATA KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU.

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Dewantoro, D. A. (2018, September). Social Environment of Special Needs in Inclusive Primary School: A Descriptive Research with Phenomenology Approach. In 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018). Atlantis Press.Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suparno. 1989. Pendekatan Komunikasi Total Bagi Anak Tunarungu. Cakrawala pendidikan jurnal ilmiah pendidikan. Edisi 3,1989,TH.VIII

Utari, Ni Ketut Sri Eka. 2016. Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar. Inclusive: Journal of Special Education. Volume II Nomor 2 - Agustus 2016.

Veyvoda, Michelle; Kretschmer, Robert ; Wang, Ye. 2019. Speech-Language Clinicians Working with Deaf Children: A Qualitative Study in Context. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 2019, 1–18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats