Peningkatan Penguasaan Tata Kalimat pada Siswa Tunar ungu dengan Gambar Berseri

Endang Sulistyorini

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan penguasaan tata kalimat siswa tunarungu sebelum dan setelah diberikan intervensi melalui gambar berseri pada siswa tunarungu kelas V di SLB-B Dharma Wanita Kab. Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilakukan oleh peneliti dan guru kolaborator pada kelas V SLB-B Dharma Wanita Kab. Sidoarjo melalui 2 siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evalusi, serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang dicapai pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase aktivitas siswa 57,7%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa 69,5%. Sama halnya dengan hasil evaluasi siswa pada setiap siklus juga mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata - rata 59,11, dan hanya 2 siswa atau 40% siswa yang tuntas. Pada siklus II nilai rata - rata 75,85, siswa yang tuntas 5 orang atau 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran melalui gambar berseri dapat meningkatkan penguasaan tata kalimat siswa tunarungu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 


Keywords


Tata Kalimat, Gambar Berseri, Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Mulyana, D. (2005). Human communication: konteks-konteks komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. (1981). Communication networks: Toward a new paradigm for research.

Haryani, S. (2001). Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Somad, P dan Hernawati, T. (1996). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan Tinggi.

Tarmansyah (1996). Gangguan Komunikasi. Jakarta

: Proyek Pendidikan Tenaga Guru, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan Tinggi.

Tizen, E. F. (2008). Gambar Berseri Sebagai Media Pembelajaran. Tersedia: http://suaraguru. wordpress. com/2015/03/gambar-berseri. html [6 Maret 2015].

Miarso, Y. (1984). Teknologi komunikasi pendidikan: pengertian dan penerapannya di Indonesia (No. 1). Rajawali.

Kridalaksana, H. (1986). Kelas kata dalam bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik E.S, Oemar. 1994 . Media Pendidikan.

Bandung: Cipta Aditya Bakti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats