Motor Modifikasi untuk Mendukung Mobilitas Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Tunadaksa

Asrorul Mais, Inna Hamida Zusfindhana, Renalatama Kismawiyati

Abstract


Tunadaksa merupakan merupakan keadaan rusak atau terganggunya tulang, otot, sendi maupun persarafan dalam fungsi yang normal, sehingga mengalam hambatan dalam hal mobilitasnya. Hambatan tersebut membutuhkan suatu alat atau teknologi asisitif untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. PLB IKIP PGRI Jember mempunyai tiga mahasiswa tunadaksa yang membutuhkan suatu teknologi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas selama perkuliahan. Teknologi asisitif yang dibuat yaitu motor modifikasi roda empat yang mengakomodir kebutuhan mahasiswa tunadaksa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatasi hambatan mobilitas tunadaksa dan mendeskripsikan manfaat motor modifikasi roda empat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motor modifikasi mampu membantu mobilitasnya. Subyek mengungkapkan bahwa motor modifikasi dapat digunakan di jalan lurus maupun berkelok, bisa mundur secara otomatis dan body motor bisa berdiri tegak sehingga memberikan rasa aman

Keywords


Motor Modifikasi; Mobilitas; Tunadaksa

Full Text:

PDF

References


Bilqis. (2014). Lebih Dekat dengan Anak Tunadaksa.

Yogyakarta: Diandra Kreatif

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh

Penggunaan Media Sempoa Geometri pada

Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 12-17.

Creswell, J. (2008). Educational Research: Planning,

Conducting, and Evaluating Quantitative and

Qualitative Research. Boston: Pearson

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi

Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan

Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 82-86.

Fibrianto, A. S. (2018). Difa City Tour Dan Transport:

Sebagai Wadah Kreatif Untuk Mewujudkan

Kehidupan Masyarakat Difabel Sejahtera, 42

(1). 17-36. Retrived from https://ejournal.

kemsos.go.id/index.php/ mediainformasi/article/

view/2248

Firdaus, I., & Pradipta, R. F. (2020). Implementasi

Treatment and Education of Autistic and

Realted Communicationhandicapped Children

(TEACCH) pada Kemampuan Bina Diri Anak

Down Syndrome. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,

(2), 57-61.

Khoiriyah, P. A., & Pradipta, R. F. (2017).

Media Counting Board untuk Kemampuan

Berhtung Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 109-113.

Kirk, S. A & Gallagher .(1986), Educating Exceptional

Children. Boston: Houghton Mifflin company.

Komalasari, N. M., dkk. (2017). An Assistive

Technology for Physical Impairment, 2 (1). 530-

Retrived from https://www.researchgate.

net/publication/327772475_An_Assistive_

Technology_for_Physical_Impairment

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Dewantoro, D. A.

(2018, September). Social Environment of Special

Needs in Inclusive Primary School: A Descriptive

Research with Phenomenology Approach. In 1st

International Conference on Early Childhood and

Primary Education (ECPE 2018) (pp. 181-184).

Atlantis Press.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160-

Pradipta, R. F., & Dewantoro, D. A. (2019). Origami

and Fine Motoric Ability of Intellectual Disabiliy

Students. International Journal of Innovation,

(5), 531-545


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats