Layanan Bimbingan Kematangan Karir bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMK Inklusi
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi layanan bimbingan
kematangan karir bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah kejuruan inklusi. Metode penelitian
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan persentase.Sampel penelitian ini adalah seluruh
guru BK, GPK dan Wali Kelas di lima sekolah kejuruan inklusi di kota Malang, yang terdapat 5 sekolah
dengan respondenberjumlah39.Didapatkanhasilpenelitiandenganrata-rata(82,7%),artinya pelaksanaan
bimbingan kematangan karir di sekolah kejuruan inklusi tkota Malang telah terlaksana dengan baik.
Terdapat satu pernyataan pada aspek realisasi keputusan karir yang hasilnya sebesar 40 %, artinya pada
pernyataan tersebut belum terlaksa dengan baik. Kesimpulan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus
belum mampu mengambil keputusan mengenai masa depannya secara mandiri tanpa bimbingan dan
bantuan orangtua
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewa K. S. (1984). Bimbingan Karir Di Sekolah-Sekolah, Jakarta: Proyek Buku Terpadu Jakarta,
Pusat Perbukuan Depdikbud SPK No.890/3006
Dan Proyek Peningkatan Pendidikan Kejuruan
Non.Teknik II.
Winkel W. S. & Hastuti S. (2005). Bimbingan dan
Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:
FKIP Universitas SanataDharma.
Gufron M. N. & Risnawita R. (2010). Teori-teori
Psikologi. Jakarta: Ar-RuzMedia.
Priyatno Dan Erman Anti.1999. Dasar- Dasar
Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Renika Cipt
Proceding ICSAR. 2017. Reorientation Of Special
Education In Improving Self-Help Of Children
With Special Education, Malang: FIP Universitas
Negeri Malang (7 th series 2017). p. 287.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats