Layanan Bimbingan Kematangan Karir bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMK Inklusi

Serlia Wega Novitarani, Endro Wahyuno

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi layanan bimbingan
kematangan karir bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah kejuruan inklusi. Metode penelitian
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan persentase.Sampel penelitian ini adalah seluruh
guru BK, GPK dan Wali Kelas di lima sekolah kejuruan inklusi di kota Malang, yang terdapat 5 sekolah
dengan respondenberjumlah39.Didapatkanhasilpenelitiandenganrata-rata(82,7%),artinya pelaksanaan
bimbingan kematangan karir di sekolah kejuruan inklusi tkota Malang telah terlaksana dengan baik.
Terdapat satu pernyataan pada aspek realisasi keputusan karir yang hasilnya sebesar 40 %, artinya pada
pernyataan tersebut belum terlaksa dengan baik. Kesimpulan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus
belum mampu mengambil keputusan mengenai masa depannya secara mandiri tanpa bimbingan dan
bantuan orangtua


Keywords


Layanan bimbingan kematangan karir; peserta didik berkebutuhan khusus; SMK Inklusi

Full Text:

PDF

References


Dewa K. S. (1984). Bimbingan Karir Di Sekolah-Sekolah, Jakarta: Proyek Buku Terpadu Jakarta,

Pusat Perbukuan Depdikbud SPK No.890/3006

Dan Proyek Peningkatan Pendidikan Kejuruan

Non.Teknik II.

Winkel W. S. & Hastuti S. (2005). Bimbingan dan

Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:

FKIP Universitas SanataDharma.

Gufron M. N. & Risnawita R. (2010). Teori-teori

Psikologi. Jakarta: Ar-RuzMedia.

Priyatno Dan Erman Anti.1999. Dasar- Dasar

Bimbingan Dan Konseling, Jakarta: Renika Cipt

Proceding ICSAR. 2017. Reorientation Of Special

Education In Improving Self-Help Of Children

With Special Education, Malang: FIP Universitas

Negeri Malang (7 th series 2017). p. 287.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats