Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI

Ayu Yulistyani Fauziah, Rizqi Fajar Pradipta

Abstract


penggunaan sosiodrama dalam mengasah pelafalan kalimat pada anak tunarungu kelas XI
SMALB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen dengan desain
Quasi ekperimental bentuk time series design, dengan Q1-Q4 pre test untuk mengukur hasil belajar
sebelum menggunakan metode sosoidrama dan Q5-Q8 post test untuk mengukur hasil belajar setelah
mengunakan metode sosiodrama. Penggunaan metode sosiodrama dalam pelajaran Bahasa Indonesia
dapat diterapkan karena selain tujuan utamanya adalah melafalkan kalimat, tetapi juga dapat melatih
anak tunarungu pada aspek motorik, konsentrasi, kesabaran, dan ketekunan.


Keywords


tunarungul; pelafalan kalimat; metode sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Prosedur penelitian.Jakarta : Rineka

Cipta

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen perangkat

pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sadjaah, E. 1995. Bina Bicara Persepsi Bunyi dan

Irama. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan:

tidak diterbitkan.

Hadi, syaiful. 2013. Pembelajaran Konsep Pecahan

Menggunakan Media Komik Dengan Strategi

Bermain Peran Pada Siswa Sd Kelas Iv Semen

Gresik. Online jdih, 13 (1) : 11

Kusno. 1985. Pengantar Tata Bahasa Indonesia.

Bandung : CV Rosda

Pradipta, R. F., Ummah, U. S., & Susilawati,

S. Y. PENGARUH PENGGUNAAN

MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP

PENINGKATAN PENGUASAAN TATA

KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats