Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PLB UNIPAR Jember pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Sekarang ini, di zaman yang percepatan teknologi, komunikasi informasi berkembang secara pesat, masif dan eksponensial, menuntut kita semua untuk bijak dalam memanfaatkan teknologi, tidak terkecuali dalam memanfaatkan teknologi Smartphone khususnya di dunia akademik. Belum lagi kita sekarang sedang berada dalam masa pandemi covid-19 ini, mahasiswa, PLB di Universitas PGRI Argopuro Jember haruslah dapat tetap berprestasi di bidang akademik dengan pembelajaran yang sangat berbeda yaitu tanpa kehadiran secara fisik di ruang kelas bersama dosen dan teman – teman. Untuk itu, penggunaan smartphone tentu akan mempunyai efek atau pengaruh kepada prestasi belajar akademik mahasiswa PLB Angkatan 19 – 21 di Universitas PGRI Argopuro. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar akademik mahasiswa, serta seberapa besar pengaruhnya. Hasil penelitian kali ini menunjukan adanya pengaruh yang tinggi terkait penggunaan smartphone yang mempengaruhi prestasi belajar akademik mahasiswa. Oleh karena itu, penggunaan smartphone oleh mahasiswa PLB Angkatan 19 – 21 UNIPAR di masa pandemi ini ada dengan persentase yang tinggi, jadi dengan artikel kali ini kita akan sama sama mengetahui selengkapnya terkait hal itu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Mohamad. (2020). Pengaruh Penggunaan
Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang. Jurnal
Pendidikan (8).1:43-51
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah
respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan
perikanan, 2(2), 127-133.
Fatkhur. (2018). “Pengaruh Smartphone Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 Mts.Wali
Songo Sugihwaras Bojonegoro”. Tarbiyah dan
Kegurusan. Pendidikan Islam. Universitas Negeri
Sunan Ampel Surabaya. Surabaya. Diakses
dari http://digilib.uinsby.ac.id/27216/3/M.%20
Fatkhur%20Amin_D71214074.p
Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018).
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS,
(1), 14-22.
Hajar, Siti. (2021) Pengarug Penggunaan Smartphone
Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi
Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik
Universitas Negri Makasar. Universitas Negri
Makasar
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M.
A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis
Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4),
-7359.
Khairrani, A. (2019). E-Book sebagai media
pembelajaran di masa depan. Jurnal Repository
Universitas Negeri Jakarta.
Mabruroh, C., & Dihan, F. N. (2015, July). Smartphone:
antara kebutuhan dan e-lifestyle. In Seminar
Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No.
.
Naova, Maria. (2013). Pengaruh Penggunaan
Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa.
Jurnal publishing. (4).2:652-658
Nilai Cronbach’s Alpha Butir Soal
.697 27
Nasution, J. A., Suhaili, N., & Alizamar, A. (2017). Motif
Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya.
JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia),
(2), 15-29.
Octavianus, dan Weisman. (2021). Pengaruh
Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi
Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat
Jaffray Makasar. Jurnal systems. (3).1:71-80
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang
mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar
di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan
Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.
Puspitasari, I., Indanah, I., Faridah, U., & Saefudin,
I. (2021). Hubungan Penggunaan Smartphone
dengan Fungsi Penglihatan pada Anak Sekolah di
SDN Margomulyo Tayu Pati. Proceeding of The
URECOL, 66-71.
Sauhenda, Angla. dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan
Handphone Terhadap Prestasi Belajar Bahasa
Indonesia Siswa. Jurnal keguruan dan ilmu
pendidikan. (6).1:37-39
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015).
Otomatisasi metode penelitian skala likert
berbasis web. Prosiding Semnastek.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktorfaktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa
pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif
SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan
vokasi, 6(1), 111-120.
Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan
Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi
pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam
Ratulangi). Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
Wiguna, F. (2015). Kegunaan, Fungsi, Manfaat dan
Kerugian Smartphone. Diakses dari http://
eprintslib.ummgl.ac.id/2023/1/15.0301.0032_
BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%.
Wilantika, C. F. (2015). Pengaruh penggunaan
smartphone terhadap kesehatan dan perilaku
remaja. Jurnal Obstretika Scienta, 3(2)
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p98-102
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats