Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PLB UNIPAR Jember pada Masa Pandemi Covid-19

Dedy Ariyanto, Inna Hamida Zusfindhana, Firdaus Ridwan Sutarta, Mariana Nanga

Abstract


Sekarang ini, di zaman yang percepatan teknologi, komunikasi informasi berkembang secara pesat, masif dan eksponensial, menuntut kita semua untuk bijak dalam memanfaatkan teknologi, tidak terkecuali dalam memanfaatkan teknologi Smartphone khususnya di dunia akademik. Belum lagi kita sekarang sedang berada dalam masa pandemi covid-19 ini, mahasiswa, PLB di Universitas PGRI Argopuro Jember haruslah dapat tetap berprestasi di bidang akademik dengan pembelajaran yang sangat berbeda yaitu tanpa kehadiran secara fisik di ruang kelas bersama dosen dan teman – teman. Untuk itu, penggunaan smartphone tentu akan mempunyai efek atau pengaruh kepada prestasi belajar akademik mahasiswa PLB Angkatan 19 – 21 di Universitas PGRI Argopuro. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar akademik mahasiswa, serta seberapa besar pengaruhnya. Hasil penelitian kali ini menunjukan adanya pengaruh yang tinggi terkait penggunaan smartphone yang mempengaruhi prestasi belajar akademik mahasiswa. Oleh karena itu, penggunaan smartphone oleh mahasiswa PLB Angkatan 19 – 21 UNIPAR di masa pandemi ini ada dengan persentase yang tinggi, jadi dengan artikel kali ini kita akan sama sama mengetahui selengkapnya terkait hal itu.


Keywords


smartphone; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Afandi, Mohamad. (2020). Pengaruh Penggunaan

Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Kelas XI MIPA SMAN 10 Semarang. Jurnal

Pendidikan (8).1:43-51

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah

respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan

perikanan, 2(2), 127-133.

Fatkhur. (2018). “Pengaruh Smartphone Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 Mts.Wali

Songo Sugihwaras Bojonegoro”. Tarbiyah dan

Kegurusan. Pendidikan Islam. Universitas Negeri

Sunan Ampel Surabaya. Surabaya. Diakses

dari http://digilib.uinsby.ac.id/27216/3/M.%20

Fatkhur%20Amin_D71214074.p

Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018).

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar

siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS,

(1), 14-22.

Hajar, Siti. (2021) Pengarug Penggunaan Smartphone

Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi

Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik

Universitas Negri Makasar. Universitas Negri

Makasar

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M.

A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis

Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4),

-7359.

Khairrani, A. (2019). E-Book sebagai media

pembelajaran di masa depan. Jurnal Repository

Universitas Negeri Jakarta.

Mabruroh, C., & Dihan, F. N. (2015, July). Smartphone:

antara kebutuhan dan e-lifestyle. In Seminar

Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No.

.

Naova, Maria. (2013). Pengaruh Penggunaan

Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa.

Jurnal publishing. (4).2:652-658

Nilai Cronbach’s Alpha Butir Soal

.697 27

Nasution, J. A., Suhaili, N., & Alizamar, A. (2017). Motif

Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya.

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia),

(2), 15-29.

Octavianus, dan Weisman. (2021). Pengaruh

Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi

Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat

Jaffray Makasar. Jurnal systems. (3).1:71-80

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang

mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar

di kecamatan kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan

Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(1), 107-122.

Puspitasari, I., Indanah, I., Faridah, U., & Saefudin,

I. (2021). Hubungan Penggunaan Smartphone

dengan Fungsi Penglihatan pada Anak Sekolah di

SDN Margomulyo Tayu Pati. Proceeding of The

URECOL, 66-71.

Sauhenda, Angla. dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan

Handphone Terhadap Prestasi Belajar Bahasa

Indonesia Siswa. Jurnal keguruan dan ilmu

pendidikan. (6).1:37-39

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015).

Otomatisasi metode penelitian skala likert

berbasis web. Prosiding Semnastek.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktorfaktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa

pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif

SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal pendidikan

vokasi, 6(1), 111-120.

Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan

Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi

pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam

Ratulangi). Acta Diurna Komunikasi, 5(2).

Wiguna, F. (2015). Kegunaan, Fungsi, Manfaat dan

Kerugian Smartphone. Diakses dari http://

eprintslib.ummgl.ac.id/2023/1/15.0301.0032_

BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%.

Wilantika, C. F. (2015). Pengaruh penggunaan

smartphone terhadap kesehatan dan perilaku

remaja. Jurnal Obstretika Scienta, 3(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p98-102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats