Peningkatan Kemampuan Profesional Guru melalui Supervisi Akademik Teknik Individual Conference (IC) oleh Kepala Sekolah di SMK ITABA Gedangan Kabupaten Sidoarjo

Syaifudin Jupri

Abstract


Profesi guru bukan sekedar wahana untuk manyalurkan hobi sebagai pekerjaan sambilan, akan tetapi merupakan pekerjaan yang harus ditekuni untuk mewujudkan keahlian profesional secara maksimal. Guru merupakan pembimbing siswa sehingga keduanya dapat menjalin hubungan emosional yang bermakna selama proses penyerapan nilai-nilai dan lingkungan sekitar. Tugas pokok guru masa kini tidak cukup hanya menyajikan informasi faktual untuk memperluas cakrawala siswa dan mengembangkan sejumlah keterampilan serta sikap positif juga berperan sebagai peneliti, motivator, dan fasilitator. Kenyataan yang terjadi di lapangan khususnya di SMK ITABA Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo meskipun pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai program antara lain penataran-penataran, penyempurnaan kurikulum, pengadaan sarana prasarana dan alat belajar, peningkatan manajemen sekolah, dan sebagainya. Namun demikian upaya-upaya tersebut kurang mempunyai dampak yang nyata dalam kegiatan pembelajaran di kelas apabila tidak diikuti dengan pembinaan profesional bagi para guru. Sebagai upaya membantu memecahkan masalah tersebut, maka peneliti menawarkan suatu bentuk supervisi dengan teknik Individual Conference (IC). Hasil dari pelaksanaan IC ini ditengarai dapat dijadikan pedoman bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dalam membina guru dan tenaga kependidikan di sekolah agar dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya seoara nyata.

Keywords


Kemampuan Profesional; Supervisi Akademik Teknik IC

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, H. (2019). Administrasi dan supervisi

pendidikan.

Annas, S. (2022). Meningkatan Kemampuan Guru

dalam Menentukan Metode Pembelajaran dengan

Teknik Individual Conference pada Pelaksanaan

Supervisi Di SMA Negeri 1 Parengan Kabupaten

Tuban Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021.

Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP),

(3), 189-197.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan

tanggung jawab menjadi guru profesional.

Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174.

Depdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Dirjen PMPTK. (2008). Supervisi Akademik. Jakarta:

Depdiknas.

Depdiknas. (2003). Fasilitator. Jakarta.

Fatkhurrokhim, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan

Guru dalam Menentukan Metode Pembelajaran

melalui Kegiatan Supervisi dengan Teknik

Individual Conference di SMK Negeri 1

Bojonegoro. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar

dan Menengah, 2(2), 383-389.

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching

dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal

of Chemical Information and Modeling, 4(9), 2.

Hariyati, S. (2021). Peningkatan Kemampuan

Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik

Teknik Individual Conference (Ic) oleh Kepala

Sekolah Di Tk Handayani Desa Ketro Kecamatan

Tulakan Kabupaten Pacitan. Wahana Kreatifitas

Pendidik (WKP), 4(2), 77-85.

Iskandar, Srini. (2002). Penelitian Tindakan Kelas.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja guru profesional

(Guru pasca sertifikasi). Jurnal Cakrawala

Pendidikan, 3(3).

Maysaroh. (2001). Supervisi Akademik dengan Teknik

IC. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mudjiono, M. (2018). Peningkatan Kemampuan

Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik

Teknik Individual Conference (IC) Oleh

Pengawas Sekolah Di SMK Kosgoro 2 Ngantang

Kabupaten Malang. Jurnal Revolusi Pendidikan

(JUREVDIK), 1(2), 57-64.

Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan.

Nurseno, H. F. A. (2020). Peningkatan Kemampuan

Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik

Teknik Individual Conference (IC) Di SMA

Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pengembangan

Pendidikan (JIPP), 7(3), 36-45.

Piet Sahertian. (2008). Supervisi Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-variabel

Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sabandi, A. (2013). Supervisi pendidikan untuk

pengembangan profesionalitas guru berkelanjutan.

Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1-9




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v8i22022p125-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats