Pembinaan Olahraga Atletik bagi Siswa Cerebral Palsy Menuju Kejuaraan Nasional Paralympic

Maidika Arta, Dimas Arif Dewantoro

Abstract


Gerakan dasar atletik adalah gerakan dasar manusia di dalam kehidupannya sehari-hari, yaitu berjalan, berlari, melompat dan melempar. Pembinaan adalah proses dan usaha atau tindakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan siswa menjadi seorang atlet, salah satunya di cabang olahraga lari. Anak cerebral palsy mengalami gangguan di dalam otak, dan kelainan bersifat kekakuan pada anggota geraknya, sehingga anak cerebral palsy membutuhkan pembinaan dalam olahraga lari.

Penelitian ini memiliki fokus adalah: (1) Program kegiatan pembinaan olahraga atletik bagi siswa cerebral palsy. (2) Teknik-teknik yang di ambil dalam sprint pada pembinaan olahraga atletik bagi siswa cerebral palsy (3) Pemenuhan kebutuhan gizi sebagai pendukung pembinaan olahraga atletik bagi siswa cerebral palsy.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian mengecek keabsahannya dengan menggunakan: (1) Triangulasi pengecekan kembali informasi atau data yang sudah didapatkan atau sumber yang berbeda, (2) Menggunakan bahan referensi, (4) Mengadakan membercheck.

Hasil penelitian ini meliputi: (1) Program pembinaan olahraga atletik bagi siswa cerebral palsy di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. (2) Teknik-teknik yang diambil dalam sprintpada pembinaan olahraga atletik bagi siswa cerebral palsy menyesuaikan dengan kemampuan siswa, (3) Pemenuhan kebutuhan gizi sebagai faktor pendukung pembinaan olahraga atletik guna menjaga stamina tetap fit.

Pembinaan olahraga atletik di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sangat bagus dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempersiapkan diri menuju paralympic competition, sehingga perlu adanya tambahan hari dan waktu agar pembinaan lebih efektif lagi, dan diharapkan adanyapengadaan alat-alat olahraga fisik untuk kebutuhan atletik serta keberlanjutan program pembinaan di SLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang, dikarenakan tidak semua sekolah SLB memiliki program pembinaan untuk siswa ABK terutama cerebral palsy.


Keywords


Pembinaan Olahraga Atletik, Cerebral Palsy

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.

Arsani, N. L. K. A. (2014). Manajemen Gizi Atlet Cabang Olahraga Unggulan di Kabupaten Buleleng. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 3(1).

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Farid, M., & Sukesi, H. (2011). Pengembangan susu segar dalam negeri untuk pemenuhan kebutuhan susu nasional. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 5(2), 196-221.

Ika Dwi, L. (2012). HUBUNGAN ANTARA POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK (SPRINT) 100 METER SISWA SMK N 1 KLATEN JURUSAN AKUNTANSI (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA).

Krempel. R. (1987). Atletik. Jakarta: Rosya Jaya Putra.

Musjafak. A (1995). Ortopedagogik Anak Tuna Daksa. Bandung: Proyek Pendidikan Tenaga Guru.

Rumini, R. (2015). MANAJEMEN PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA ATLETIK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) PROVINSI JAWA TENGAH. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 20-27.

Sudarsini. (2013). Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sudarsini. (2016). Pendidikan Jasmani Adaptif. Malang: Gunung Samudera.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Rumini, R. (2015). MANAJEMEN PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA ATLETIK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) PROVINSI JAWA TENGAH. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 20-27.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. 2006. Sistem Keolahragaan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats