Pembinaan Olahraga Renang bagi Siswa Berprestasi dalam Cabang Olahraga Renang di SLB

Ragil Tri Wibowo, Sopingi Sopingi

Abstract


Olahraga renang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi orang yang
melakukannya tidak kecuali anak berkebutuhan khusus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan (1) program pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi, (2) pelaksanaan
pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi, (3) hambatan pembinaan olahraga renang bagi siswa
berprestasi, dan (4) upaya mengatasi hambatan pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi
kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) program pembinaan olahraga renang yaitu pihak
sekolah melakukan kerjasama dengan orangtua untuk mendaftarkan ke klub renang, kemudian klub
renang memberikan program latihan bagi siswa, (2) pelaksanaan pembinaan olahraga renang dibagi
menjadi dua, yaitu di sekolah dan di klub renang, (3) hambatan pelaksanaan pembinaan olahraga renang,
tidak adanya sarana di sekolah dan mood siswa; (4) upaya mengatasi hambatan pembinaan olahraga
renang adalah kerjasama dengan orangtua dan lebih mengenali karakteristik siswa.


Keywords


pembinaan olahraga renang; siswa berprestasi; SLB

Full Text:

PDF

References


Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak

Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Fatkhurohman, A. (2005). Upaya Kepala Sekolah

dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di MI

Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang.

Skripsi. Fakultas Tarbiyah. UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta, digilib.uin-suka.ac.id/2372/1/

BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20

PUSTAKA.pdf

Haller, D. (2007). Belajar Berenang.Bandung: Pionir

Jaya

Hastuti, P. (2009). Buku Panduan Cabang Olahraga

Renang.Jakarta: Pengurus Pusat Special Olympic

Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013

Tentang Implementasi Kurikulum

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion

Development Program for Parents of Child

with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2).

Siregar, A.E.P., (2014). Pelaksanaan Pelatihan Renang

Anak Autisme di Kolam Renang Selayang Medan.

Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas

Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/9219/

Sismadiyanto & Susanto, E. (2008). Dasar Gerak

Renang.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan

Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa.

Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta

Utomo. (2016). Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak

Berkebutuhan Khusus Berwawasan Kebangsaan.

Prosiding Seminar Internasional Pendidikan

Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan., http://eprints.

ulm.ac.id/1480/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats