Pembinaan Olahraga Renang bagi Siswa Berprestasi dalam Cabang Olahraga Renang di SLB
Abstract
Olahraga renang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi orang yang
melakukannya tidak kecuali anak berkebutuhan khusus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan (1) program pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi, (2) pelaksanaan
pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi, (3) hambatan pembinaan olahraga renang bagi siswa
berprestasi, dan (4) upaya mengatasi hambatan pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi
kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) program pembinaan olahraga renang yaitu pihak
sekolah melakukan kerjasama dengan orangtua untuk mendaftarkan ke klub renang, kemudian klub
renang memberikan program latihan bagi siswa, (2) pelaksanaan pembinaan olahraga renang dibagi
menjadi dua, yaitu di sekolah dan di klub renang, (3) hambatan pelaksanaan pembinaan olahraga renang,
tidak adanya sarana di sekolah dan mood siswa; (4) upaya mengatasi hambatan pembinaan olahraga
renang adalah kerjasama dengan orangtua dan lebih mengenali karakteristik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak
Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Fatkhurohman, A. (2005). Upaya Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di MI
Ma’arif Glagahombo, Sucen, Salam, Magelang.
Skripsi. Fakultas Tarbiyah. UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, digilib.uin-suka.ac.id/2372/1/
BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20
PUSTAKA.pdf
Haller, D. (2007). Belajar Berenang.Bandung: Pionir
Jaya
Hastuti, P. (2009). Buku Panduan Cabang Olahraga
Renang.Jakarta: Pengurus Pusat Special Olympic
Indonesia
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013
Tentang Implementasi Kurikulum
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion
Development Program for Parents of Child
with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan
Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2).
Siregar, A.E.P., (2014). Pelaksanaan Pelatihan Renang
Anak Autisme di Kolam Renang Selayang Medan.
Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas
Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/9219/
Sismadiyanto & Susanto, E. (2008). Dasar Gerak
Renang.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa.
Bandung: PT Refika Aditama
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Utomo. (2016). Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak
Berkebutuhan Khusus Berwawasan Kebangsaan.
Prosiding Seminar Internasional Pendidikan
Berbasis Nilai-Nilai Kebangsaan., http://eprints.
ulm.ac.id/1480/
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats