Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita

Ninik Usfatun Chasanah, Rizqi Fajar Pradipta

Abstract


Keterbatasan intelektual pada siswa tunagrahita menjadi permasalahan pembelajaran. Salah satu permasalahan yang dihadapi siswa tunagrahita adalah kesulitan siswa tunagrahita dalam berhitung penjumlahan bilangan 1 – 10. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media sempoa geometri yng dapat mengatasi permasalahan berhitung penjumlahan bilangan 1 – 10  pada anak tunagrahita. Metode penelitian eksperimen dengan menggunakan uji hipotesis, rancangan penelitian one group pre test post test design yaitu (1) pre test (2) treatment (3) post test.  Hasil rata – rata nilai seluruh siswa tunagrahita pada pre test dan post test adalah 52,00 dan 84,00. Disimpulkan bahwa media sempoa geometri berpengaruh terhadap kemampuan berhitung penjumlahan bilangan 1 – 10 pada siswa tunagrahita kelas IV SDLB jombatan VII Jombang.

Keywords


Kemampuan berhitung; media sempoa geometri; tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Khanifatul. (2012). Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar – Ruzzmedia

Rahmanita, F. & Ahmad, S. (2014). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita Di SDLB. Jurnal Ortopedagogia

Ronalis. (2015). Efektivitas Media Sempoa Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat 1 – 10 Untuk Anak Tunagrahita Ringan kelas II C SLB Fanredha Padang, (Online), Diakses tanggal 17 November 2017

Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung : Algesindo

Styaningrum, T. L & T. Iriyanto. (2014) Pengaruh Penggunaan Media Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Siswa Kelas IV Tunagrahita Di SDLB Dharma Purta Daha Gurah Kediri. Jurnal Ortopedagogia

Suparman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Permainan Kartu. (Online) Diakses Tanggal 09 Januari 2018

Wardani, R. Y, & Tomas, I. (2014). Pengaruh Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan Anak Tunagrahita Kelas I SLB. Jurnal Ortopedagogia

Wiyono, B. B. (2007). Metode Penelitian. Malang : Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats