Pelaksanaan Program Vokasional untuk Anak Autis

Anis Chayrica Rezeika, Endro Wahyuno

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan program vokasional anak autis di SLB Autis Laboratorium UM; (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program vokasional; (3) upaya yang dilakukan sekolah dalam menangani faktor penghambat pelaksanaan program vokasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dengan pengumpulam data, reduksi data, penyajian data, serta tahap penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program vokasional di SLB Autis Laboratorium UM sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori. Faktor pendukung meliputi fasilitas yang cukup memadai, dukungan penuh dari orang tua siswa, serta perasaan/mood siswa ketika sedang belajar. Faktor penghambatnya adalah respon siswa ketika pembelajaran berlangsung, mood siswa, serta perhatian guru kepada siswa yang kurang, upaya sekolah menangani faktor penghambat yaitu guru memberikan perlakuan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan siswa.

This study aims to describe (1) the implementation of vocational programs for autistic students at SLB Autis Laboratorium UM; (2) the supporting and inhibiting factors of the implementation of the vocational program; (3) the efforts undertaken by schools in addressing the obstacles to the implementation of vocational programs. This research used qualitative method. Data collection was done by interview, observation, and documentation. Data analysis began with data collecting, data reduction, data presentation, the phases of conclusion and verification. The result showed that the implementation of vocational program in SLB Autis Laboratorium UM has been running well based on the appopriate theory. Supporting factors included adequate facilities, full support from parents, and student’s feelings/moods when they were studying. Inhibiting factors were students’ response at the time of learning, student mood, and the teacher’s less attention to the student. An effort of school to handle these obstacles is the teacher give different treatment needed by students.


Keywords


program vokasional; autis

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, M. (2017). The Analysis of Parents and School’s Support Toward The Succesful Work of Children with Intellectual Disability. Journal of International Conference on Special Education in Southeast Asia Region (ICSAR) 7TH SERIES 2017, 1 (1), 252

Arikunto, S. (2010). 206. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Kurikulum, P., Depdiknas, B., & No, J. G. S. R. (2006). Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup.

Dewi, (2017). Vocational Skills as Preparations in the World of Work for Children with Intellectual Disabilities. Journal of International Conference on Special Education in Southeast Asia Region (ICSAR) 7TH SERIES 2017. 1 (1): 231-237

Handojo, Y. (2004). Autisma: petunjuk praktis dan pedoman materi untuk mengajar anak normal, autis dan prilaku lain. Bhuana Ilmu Populer.

Jacob, A., Scott, M., Falkmer, M., & Falkmer, T. (2015). The costs and benefits of employing an adult with autism spectrum disorder: A systematic review. PloS one, 10(10), e0139896.

Kemendikbud. (2015). Buku Panduan Program Transisi Ke Pasca-Sekolah Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi. Jakarta: Direktorat Pembinaan PKLK Dikdas.

Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, L. J. Edisi Revisi.(2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (alih bahasa Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga.

Chamidah, A. N. Sukinah & Ilmawan Moestaqim. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Seksual Melalui Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi bagi Anak Autis. Penelitian SKIM Hibah Bersaing.

Titisari, S. C. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Membatik Bagi Siswa Autis Di Slb Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Widia Ortodidaktika, 5(3), 312-323.

Ulfatin, N. (2013) Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats