Penerapan Media Wain Word dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Tunarungu
Abstract
Tunarungu merupakan anak yang mengalami kehilangan kemampuan mendengar sehingga anak memiliki gangguan dalam berkomunikasi dan berbahasa. Dengan keterbatasan pemerolehan bahasa, anak tunarungu memiliki hambatan yaitu ketidakteraturan dalam menyusun letak kata menjadi susunan kalimat yang benar sesuai dengan struktur SPOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wain word terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Indonesia siswa tunarungu kelas IX di SMPLB.Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimen design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design serta menggunakan teknik analisis uji t.Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test. Hasil yang diperoleh adalah nilai , yaitu 8,33 ≥ 2,998. Kesimpulan penelitian ini adalah media wain word dapat mempengaruhi kemampuan menyusun kalimat bahasa Indonesia lebih baik pada siswa tunarungu kelas IX di SMPLB. Saran bagi guru yaitu menggunakan media pembelajaran ini sebagai bahan referensi untuk pembelajaran. Kata Kunci: Anak tunarungu, kemampuan menyusun kalimat, media wain word.
Deaf is a child who has lost the ability to hear so that children have interference in communication and language. With the limitation of language acquisition, deaf children have obstacles that are irregularities in arranging the location of the word into the correct order of sentences in accordance with the structure SPOK. This study aims to determine the effect of wain word media, on the ability to compose Indonesian sentences deaf students in the grade IX in SMPLB.This research use pre-experiment design method with one group pretest-posttest design research and use t test analysis technique.The results showed a significant difference between pre-test results and post-test results. The result is t_count> t_tabel, that is 8,33 ≥ 2,998. The conclusion in this research is wain word media can influence the ability of compiling Indonesian sentence better on deaf student in the grade IX in SMPLB. Suggestion for teacher that is using this instructional media as reference material for learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anassyah, N & Shodiq, M. 2016. The Effect Of The Use Of Picture Domino Cards MediaToward Hearing Impairment Student’s Competence In Writing Simple Sentences For Student. Journal Jp3lb UM
Chaer, A. (2006). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Efendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Malang: Bumi Aksara Efendi, M. (2013). Speech Terapy. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. Jurnal PLB FIP UPI
Intikasari, S, Tumardi, Endro W. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Keping Kata Bergambar Pada Siswa Tunarungu Di Sdlb; Journal Penelitian UM,
Marliana. (2011). Keefektifan Penggunaan Strip Story untuk Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Kalimat Pada Anak Tunarungu di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel.Skripsi UNY.
Novianti dan Syaichudin. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. E-jurnal UNESA.
Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2).
Setyawan, G, O. (2015). Pengaruh penggunaan Media Teka-teki Silang Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Tunarungu Kelas IV. Jurnal Ortopedagogia, 1 (4), (online), 289, (journal.um.ac.id).
Sugiarti, S. (2015). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tunarungu Melalui Media Variasi Gambar Pada Siswa Kelas V/B Di Slb Negeri Surakarta, dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta dan ISPI Wilayah Jawa Tengah, 21 November 2015, hlm 255.
Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta
Tarigan, H dkk. (1986). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustaka. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p33-38
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats