PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB

F. Rahmanita, A. Samawi

Abstract


This study aimed at: (1) describing the use of the number card media in mathematics learning for mild mental retardation children in SDLB BC Kepanjen, (2) describing the learning activities of mild mental retardation children in class I of SDLB BC Kepanjen using the number card media in mathematics learning, (3) describing the results of mathematics learning for mild mental retardation children in class I of SDLB BC Kepanjen after using the number card media. The study design was a class action research (CAR) conducted in two cycles of each consisting four stages: planning, implementation, observation and reflection. The instruments were both observation and documentation. The results of the pre-activities were gained an average reach (12.5%), increasing in the first cycle of class learning mastery into (56.25%) and increasing to (73.75%) in the second cycle. Based on these results, we can conclude that the number card media can improve mathematics learning and it becomes one of alternatives allowing children in learning math for mild mental retardation children in SDLB BC Kepanjen.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media kartu bilangan dalam pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan SDLB B-C Kepanjen, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen menggunakan media kartu bilangan pada
pembelajaran matematika, (3) mendeskripsikan hasil belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas I SDLB B-C Kepanjen setelah menggunakan media kartu bilangan. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dari masing-masing siklus terdiri empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil belajar penelitian pratindakan diperoleh rata-rata mencapai (12,5%), mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar kelas menjadi (56,25%) dan meningkat lagi menjadi (73,75%) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bhawa penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan pembelajaran matematika, aktivitas belajar anak menggunakan media
kartu bilangan selama pembelajaran matematika untuk menguasai konsep bilangan, hasil belajar anak dalam pembelajaran matematika menggunakan media kartu bilangan menjadi salah satu alternatif yang memudahkan anak dalam pelajaran matematika pada anak kelas I Tunagrahita SDLB B-C Kepanjen.


Keywords


pembelajaran matematika; media kartu bilangan; tunagrahita ringan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats