Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test - post test. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa 4 soal tes kinerja dan 2 soal tes tulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Data yang di analisis menggunakan uji Wilcoxon adalah data hasil pre-test dan post test. Hasil perhitungan melalui uji Wilcoxon dengan n = 5 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh = 1, maka diterima dan ditolak, karena (0) ≤ (1) artinya hipotesis yang diajukan diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Syllabic Method memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB Negeri Sukorejo Kota Blitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi
Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat
Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Akhadiah, Sabarti Dkk. (2002). Pembinaan
Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Tunagrahita.
Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti.
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak
Berkelainan. Jakata: Bumi Aksara.
Efendi, Mohammad. (2008). Pengantar
Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran
PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Kustiawan, Usep. (2013). Sumber dan Media
Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Ritawati Wahyudin, (1996). Bahan Ajar Pendidikan
Bahasa Indonesia Di Kelas-Kelas Rendah SD.
Padang. IKIP.
Rojiati, Janatu. (2015). Pengaruh Metode Kupas
Rangkai Terhadap Keterampilan Membaca
Permulaan Anak Tunagrahita Sedang Kelas Iv Di
SLB Idayu 2 Kabupaten Malang. Skripsi. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Zubaidah, Eny. (2013). Draf Penulisan Buku Kesulitan
Membaca Permulaan Pada Anak. Diagnosa Dan
Cara Mengatasinya. Yogyakarta:Pendidikan
Guru Sekolah Dasar FIP UNY.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats