Media Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita

Nurita Kusuma Wardani, Sudarsini Sudarsini

Abstract


Tunagrahita merupakan individu yang mempunyai kecerdasan di bawah rata-rata normal
yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan khususnya dalam aspek akademik termasuk mengenal
bilangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media pop-up angka terhadap
kemampuan mengenal bilangan 1-10 siswa tunagrahita kelas II SDLB. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen dengan rancangan penelitian pre-eksperimen dengan desain One group pretestposttest
design. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pop-up angka berpengaruh terhadap
kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswa tunagrahita kelas II SDLB.

Students with intellectual disability is individuals have inteleligence below normal average
which resulted in students experiencing difficulties academic especially in the aspect included introducing
numbers. The aim of this research is to describe the effect of pop-up angka of the ability introducing
numbers 1-10 of Students with intellectual disability class II in SDLB. This research were included
to quantitative reserach by using experiment method with pre-experiment One group pretest-posttest
design. So, we could conclude thar there was pop up angka media influence toward abilty to introduce
symbol numbers 1 until 10 for Students with intellectual disability class II in SDLB.


Keywords


Media Pop-up angka; Kemampuan Mengenal Bilangan; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2013) Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, R. (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Pop-up Siswa Kelas III SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Creswell, J.(2014) Research Design Qualitative, Quantitative & Mixed Methods Approaches Fourth Edition. London: SAGE Publication

Efendi, M. (2009) Pengantar Psikopendagogik Anak Berkelainan. Malang: PT. Bumi Aksara.

Iskandar. (2008) Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press)

Kustiawan, U. (2013) Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Pramesti, J. (2015) Pengembangan Media Pop-up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD Negeri Pakem. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyatin. (2014) Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Stik Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 3 (3): 1-7, (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/issue/view/683), Diakses 18 Febuari 2016.

Inra. (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media EDUGames Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, (Online) 1(2):370-382 (http://ejurnal.unp.ac.id/index.php/jupekhu) Diakses 18 Febuari 2016.

Sadiman, S, A, dkk. (2002) Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Rajagrafindo Persada.

Sihkabuden. (2012) Media Pembelajaran. Malang: Depdiknas Um.

Soemantri S. (2012) Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugyiono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukotjo. dkk. Buku Guru Tema Pahlawanku SMALB Tunagrahita. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats