Model Pembelajaran Make a match Berbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Memori Visual Siswa Tunarungu
Abstract
Di kelas siswa tunarungu, kesulitan belajar dialami ketika kegiatan pembelajaran mengenai
nama bilangan karena model pembelajaran yang digunakan berupa model pembelajaran langsung dan
hanya satu arah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match
berbantuan puzzle pada peningkatkan kemampuan memori visual nama bilangan siswa tunarungu kelas
II di SLB Negeri Seduri, Mojokerto. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain one
group pretest-posttest. Hasil yang diperoleh yaitu nilai rata-rata pretest sebesar 68,5 dan nilai rata-rata
posttest sebesar 92. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah hipotesis diterima, yang artinya terdapat
pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan puzzle untuk
meningkatkan kemampuan memori visual nama bilangan bagi siswa tunarungu kelas II SLB Negeri
Seduri, Mojokerto. Bagi guru digunakan sebagai referensi mengajar di kelas untuk meningkatkan
kemampuan memori visual pada materi nama bilangan untuk peserta didik tunarungu.
In the class of students with hearing impairment the impairment students class, in learning have
difficulty is happened when the learning about the name of numbers because of teaching and learning
activities only in the is direct learning model and only one direction. The purpose of this research
is to find out how much effect ‘make a match’learning model assisted puzzle to improve enhancing
visual memory abilities of Number for hearing impairment Students in the Grade II in SLB Negeri
Seduri, Mojokerto. The method was pre-experiment with one group pretest-posttest design. The results
obtained from this study was the average value of pretest was 68.5 and the average value of posttest
was 92. The hypothesis was accepted The result of this research is the accepted hypothesis, which means
there is significant effect of the use of ‘make a match’learning model assisted puzzle toward improving
visual memory abilities of Numbers for hearing impairment Student Grade II in SLB Negeri Seduri,
Mojokerto. For teachers it can be used as a classroom teaching reference to improve the ability of visual
memory of the numbers for hearing impairment student.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, R. (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Ak Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Ekonomi UNY
Arifin, Z. (2012) Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt. Rosdakarya.
Gallager, K & Anastasiow, C. (2009) Educating Exceptional Children.
Edwards, L and Anderson, S. (2014) The Association Between Visual, Nonverbal Cognitive Abilities And Speech, Phonological Processing, Vocabulary And Reading Outcomes In Children With Cochlear Implants. Jurnal Ear & Hearing, (Online), diakses 10 April 2017.
Hamilton, H. (2011). Memory skills of deaf learners: Implications and applications. American Annals of the Deaf 156 (4), 402–423., (Online), diakses 10 April 2017.
Hasan, I. (2006) Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Jamilah, I. (2013) Perbandingan Media Aplikasi Komputer Microsoft Power Point Dan Windows Movie Maker Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengingat Nama-Nama Bulan Pada Anak Tunarungu. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Univesitas Pendidikan Indonesia.
Sadiman, A S. (2014) Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanthowi, Y. (2015) Pengaruh Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Desimal Di Kelas IV SDN Gurah I Kabupaten Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. (2003). (Online), , diakses 10 April 2017.
Utami, I, T. (2012) Perbedaan Hasil Belajar Antara Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Menggunakan Metode Make A Match Dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Kompetensi Memahami Fungsi Dan Proses Kerja Berbagai Peralatan TIK Siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
Yassir, M. (2012) Penggunaan Permainan Tebak Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Visula Memory Anak Tunarungu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Zhen, M. (2007) Is visual memory verbal? Intel Science Talent Search. New York: Departemen Psikologi Universitas New York. (Online), diakses tanggal 28 November 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p56-61
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats