Penggunaan Media Ular Tangga Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif pada Siswa Tunarungu
Abstract
Dalam berkomunikasi anak tunarungu seringkali mengucapkan kalimat yang tidak efektif
dengan kalimat yang terbalik, sehingga orang lain sulit untuk memahami kalimat anak tunarungu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media ular tangga
kata terhadap kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunarungu kelas VIII SMPLB Shanti Kosala
Mas Trip Nganjuk. Hasil penelitian menunjukan kemampuan menyusun kalimat efektif pada siswa
Tunarungu kelas VIII di SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk sebelum diberikan treatment (Pre
Test) yakni semua siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 46. Nilai rata-rata
siswa pada hasil post test dalam kemampuan menyusun kalimat efektif pada siswa tunarungu kelas VIII
SMPLB Shanti Kosala Mastrip Nganjuk menggunakan media ular tangga magnet adalahh 76 dan berada
pada kategori baik..
In communication, deaf children mostly state ineffective sentences by reverse sentences, thus
others will be difficult understand the sentences made by deaf children. The purpose of this research was
to know the effect towards the use of word snake and ladder media to the ability in arranging effective
sentences for deaf students in 8th Grade SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk. The research result
showed that ability in arranging effective sentences for deaf students in8th Grade SMPLB Shanti Kosala
Mas Trip Nganjuk, before given by treatment (pre test), all student with failed category with average
score of 46. The average score of student in post test result towards the ability in arranging effective
sentences for deaf student in 8th Grade SMPLB Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk used word snake and
ladder media was 76 and stated in good category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Effendi, M. (2009) Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Malang: Bumi Aksara.
Mangunsong, Frieda. (1998) Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana pengukuran dan Pendidikan Psikologi UI.
Putrayasa, I. B. (2010) Analisis Kalmiat (Fungsi, Kategori, dan Peran). Bandung: PT. Refika Aditama.
Somad, P & Hernawati, T. (1996) Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: DEPDIKBUD DIKTI.
UU RI No. 20 Tahun 2003. (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12017p62-66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats