Penggunaan Permainan Teka Teki Silang Bergambar untuk Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Tunarungu

Yutafiri Peni Merpati, Indro Wahyuno

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas tunarungu kelas I di SDLB Kedungkandang
Malang pada kegiatan pembelajaran tematik dapat diketahui beberpa permasalahan pada pembelajaran
tematik utamanya penambahan kosa kata anak, diantaranya adalah peserta didik cenderung pasif, hanya
memperhatikan penjelasan guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa hanya mencatat materi
yang disampaikan guru. Dari kenyataan tersebut berakibat nilai rata-rata peserta didik 4,17.Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan teka-teki silang bergambar
terhadap peningkatan kosa kata anak tunarungu kelas I di SDLB Kedungkandang Malang. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis penelitian Pre Eksperimental
Design. Dan dalam penelitian, peneliti menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Design”.Hasil
peningkatan kosa kata sebelum menggunakan permainan teka-teki silang bergambar yakni rata-ratanya
4,17 dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 3 sedangkan nilai maksimal 8. Hasil post-test setelah
menggunakan permainan teka-teki silang bergambar yakni rata-ratanya 7,7 dengan nilai tertinggi 8 dan
nilai terendah 7 sedangkan nilai maksimal 8. Dengan hasil demikian dapat dikatakan kosa kata anak
meningkat.Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan teka-teki silang bergambar
berpengaruh terhadap peningkatan kosa-kata peserta didik tunarungu kelas I di SDLB Kedungkandang
Malang.

According to the observation taken place in Grade I of Hearing Impairment (Deaf) Class in
SDLB Kedungkandang Malang in thematic subject, it was found that several problems occur during the
teaching learning process, especially in explaining the meaning of vocabulary. It seemed that the students
tended to be passive, they merely paid attention on the teacher’s explanation in the class, they later noted
down the material from the teacher. From these practices of learning, the average score resulted by the
students were only 4.17. The objective of this research is to find out the effect of pictured crossword
usage towards the vocabulary mastery of Grade I of hearing impairment (Deaf) students in SDLB
Kedungkandang Malang.This research was conducted during experiment method, especifically Pre-
Experimental Design. In this research the researcher carried out “One Group Pretest-Posttest design”.
Before this learning media had been implemented the rate of vocabulary improvement was 4.17 with the
highest score of 7 and lowest score of 3and maximum score of 8. Meanwhile, the score acquired after
the pictured crossword was given, in the post-test, the average score of the students became 7.7 with the
highest score of 8 and lowest score 7 and maximum score of 8. Based on the result, it can be concluded
that the vocabulary of students was successfully improved. Finally, the conclusion of this research is that
the implementation of pictured crosswords game in class affect the vocabulary mastery of Grade I of deaf
students in SDLB Kedungkandang Malang.


Keywords


Permaianan teka-teki Silang Bergambar; Tunarungu; Peningkatan Kosa Kata

Full Text:

PDF

References


Achidatun, Nur, U. (2014) Penerapan Media Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kerajinan Batik di SMALB Tunarungu Bhakti Pertiwi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogayakarta: FBS UNY.

Albana, Rifqi, S. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII A MTs Muhammadiyah Blimbing Polokarto Sukoharjo. Artikel Ilmiah, (online), (http://eprints.ums.ac.id), diakses 10 Maret 2017.

Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, Mohammad. (2006) Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Izzudin. (2013) Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine dan Komponen-komponennya. Jurnal Unnes, (online), (http://lib.unnes.ac.id), diakses 10 Maret 2017.

Khoirudin. (2015) Pengaruh Media Video terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket pada Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 (2), (online), (jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses 10 Maret 2017.

Kustiawan, Usep. (2013) Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Novianti dan Syaichudin. (2010) Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. E-jurnal UNESA, 1 (1), (online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id), diakses 10 Maret 2017.

Pramesti, Dewi. (2015) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ketrampilan Membaca Melalui Teka-teki Silang. Jurnal Puitika, 11 (1), (online), 86, (jurnalpuitika.fib.unand.ac.id), diakses 25 Februari 2017.

Sugiarti, Sri. (2015) Upaya Meningkatkan Kosakata pada Anak Tunarungu Melalui Media Variasi Gambar pada Siswa kelas V/B di SLB Negeri Surakarta. Surakarta: PLB Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Negeri Malang. (2010) Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Utama, S, F, A. (2012) Pengaruh Permainan Tekateki Silang Bergambar Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Tunagrahita Ringan. Bandung: PLB UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats