Multimedia Interaktif Dasar-Dasar Fotografi dalam Program Vokasional bagi Siswa Tunarungu

Adiarti Vandalisa Rahmy, Sihkabuden Sihkabuden

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi tersedianya peralatan fotografi, tetapi kurang adanya media
pembelajaran yang digunakan siswa tunarungu dalam memahami fotografi. Pengembangan ini bertujuan
untuk menghasilkan produk yang diuji kelayakannya, dan menghasilkan produk yang efektif dalam
membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Langkah-langkah pengembangan mengadaptasi model Lee
& Owens terdiri dari 5 tahap. Subyek uji coba produk adalah 4 siswa tunarungu tingkat SMALB. Hasil
penilaian ahli materi memperoleh presentase 82,5% (sangat layak), ahli mediamemperoleh presentase
95% (sangat layak),hasil uji coba kelompok mendapat presentase 100%. Dari hasil analisis data, produk
yang dikembangkan dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Background the research of this is the availability of equipment photography, but the medium
of learning that used students with hearing impaired in the understanding of photography is very less. The
development is intended to produce a product which has been tested for its adequate and to produce an
effective product to help learning objectives achievement. Step-by-step development of adapted model
of Lee& Owens consists of 5 stages. Subject of trial the product is 4 students hearing impaired level
SMALB. The validation result of material expert obtained 82.5% (very appropriate), the result of media
expert obtained 95% (very appropriate), while the result of group trial obtained 100%. From the results
of the analysis of the data, the products that are developed in the category of very appropriate and can be
used in the process of learning.


Keywords


Tunarungu; Vokasional; Fotografi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Deprtemen Pendidikan Nasional. (2006). Model Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta

Efendi, M. (2009). Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Grafika Offset

Lee, W. W & Owens D. L.(2004). Multimedia-Based Instructinal Design, San Fransisco, USA : Pfeiffer, an imprint of Wiley

Purwoko, A. (2001). Panduan Penelitian PTK. Semarang:Unnes Press

Ropitasari, Y.( 2017). Meningkatkan Kemampuan Menari Tari Balanse Madam Melalui Metode Sas Untuk Anak Tunarungu X. International Conference on Special Education in Southeast Asia Region (ICSAR) 7th 2017: Reorientation of Special Education in Improving Self-help of Children with Special Needs: Faculty of Education, State University of Malang (hlm. 259)

Sarwiko, D. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia director mx (studi kasus mata kuliah pengolahan citra pada jurusan s1 sistem informasi). (Online) http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/computerscience/2010/Artikel_10105507.pdf. diakses pada 2 Februari 2017.

Wardhani, A, H. (2007). Materi Pokok Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jo.v3i2.4975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats