Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan dengan Menggunakan Metode Reading Aloud

Akta Sunci Mahartika, Dimas Arif Dewantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan kelas VI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan One-Group Pre-test Post-test Design menggunakan rumus uji Wilcoxon. Subjek berjumlah 6 anak. Pengumpulan data menggunakan tes soal pemahaman. Berdasarkan hasil pengujian data statistik diperoleh 0,023<0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman anak tunagrahita ringan dengan menggunakan teknik reading aloud. Saran untuk penelitian berikutnya ialah bisa menjadikan reading aloud sebagai salah satu alternatif cara mengajar bagi anak berkebutuhan khusus.

This study was aimed at investigating the effect of reading aloud for children with mild intellectual disability in reading comprehension of grade VI. This research was a pre-experimental quantitative research with One-Group Pre-test Post-test Design using Wilcoxon test formula. The subjects were 6 children. collecting data was using test of understanding. Based on the test results of statistical data, it was obtained 0.023 < 0.05, so H1 accepted. The conclusion of this study was that there was significant effect on reading comprehension of children’s intellectual disability by using a reading aloud technique. Suggestion for the further research is to make reading aloud as an alternative way of teaching children with special needs.


Keywords


Tunagrahita; Reading Aloud; Kemampuan Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Desipriani. (2012). Penerapan Reading Aloud terhadap Materi Membaca Kelas 2 SDN 11 Kabupaten Kuburaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2 No 4

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagodik Anak Berkelainan. Malang: Bumi Aksara.

Marchessault, J. K., & Larwin, K. H. (2014). The Potential Impact of Structured Read-Aloud on Middle School Reading Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(3), 187-196.

Rukoyah, S. (2014). Pengaruh Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Kelas II MI Nurul Huda Curug Wetan Tangerang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats