Efek Media Komik terhadap Perilaku Disiplin pada Anak Tunagrahita

Dewi Yuliani, Dimas Arif Dewantoro

Abstract


Pendidikan sangatlah penting untuk diberikan kepada anak khususnya pendidikan karakter.
Kesimpulan dari observasi yang telah dilakukan, ternyata masih banyak anak yang kurang disiplin saat
berada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media komik terhadap
perilaku disiplin pada anak tunagrahita kelas X. Rancangan penelitian menggunakan quasy experiment
dengan bentuk time series design. Hasil obsevasi perilaku disiplin sebelum diberikan perlakuan yaitu
51,75, setelah diberikan perlakuan sebesar 79,85. Hasil analisis menyimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Artinya, ada pengaruh media komik terhadap perilaku disiplin pada anak tunagrahita kelas X di
SMALB Pembina Tingkat Nasional Malang.

Education is important to the child, especially a character education. The conclusion during
observations, there are many children who lack discipline in school. The purpose of this study is to
know effect of the comics media towards discipline behavior of Childrens with Intellectual Disabilities
in the class X. The research design using quasy experiment with the form of time series design. Results
disciplined behavior before being gived treatment is 51.75, after being gived treatment is 79.85. The
results of the analysis concluded that Ho is rejected and Ha accepted. The conclusion is It can be effect
of the Comic Media towards Discipline Behavior of Childrens with intellectual disabilities in the class X
of SMALB Pembina Tingkat National Bagian C Malang.


Keywords


Media Komik; Perilaku Disiplin; Anak Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. dkk.(2010). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Deporter,dkk. (2002). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Julia F, Fani D. & Ridha, M. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, (Online), 2: 26-33, (ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/download/1733/2437), diakses 29 Februari 2016.

Kartono, K. (1982). Psikologi Anak. Bandung: Alumni.

Kirk, S. A. and Gallagher, J. J. (2009). Educating Exceptional Children (twelfth edition). Boston: Houghton Mifflin Company.

Mediawati, E (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), volume 12(1): 68-76 (http://elearning.undana.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=469&Itemid=388&dir=JSROOT%2FJURNAL%2FPENDIDIKAN%2FPENDIDIKAN_2011&download_file=JSROOT%2FJURNAL%2FPENDIDIKAN%2FPENDIDIKAN_2011%2FPEMBELAJARAN+AKUNTANSI+KEUANGAN+MELALUI+MEDIA+KOMIK.pdf), diakses 29 Februari 2016.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (edisi ke lima). Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jo.v2i1.5032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats