Permainan Scramble dalam Menyusun Kalimat pada Siswa Tunagrahita
Abstract
Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam penguasaan kalimat terutama pengolahan
perbendaharaan kata yang kurang berfungsi, karena itu mereka mengalami kesulitan dalam menyusun
kalimat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh permainan scramble terhadap kemampuan
menyusun kalimat pada siswa tunagrahita. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan
rancangan time series design. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menyusun
kalimat pada siswa tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan permainan scramble.
Hal ini ditunjukkan dari hasil t hitung < t tabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu 0 < 1. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah permainan scramble berpengaruh tterhadap kemampuan menyusun kalimat pada
siswa tunagrahita.
Children with intellectual disability have limitations in language acquisition mainly in
prosessing vocabulary that is less functioning as it is expected, that is why they fell difficulty in preparing
sentence. The purpose of this study was to describe the effects of the scramble games toward capability
of sentence composition for students with intellectual disability. The method used is a quasi-experimental
design with time series design. This study shows there is a difference capability of sentence composition
for students with intelllectual disability before and after treatment with scramble game. It is shown from
the results of t arithmetic < t table at significant level of 0.05 is 0 <1. The conclusion of this study is the
scramble game affect toward capability of sentence composition for students with intellectual disability.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dames, P. (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri Sidorejo Lor 02 Salatiga Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Kristen Satya Wacana
Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Fatmasari, E. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Scramble Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Anak Tunarungu Kelas V SDLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 2-8 (http:// ejournal.unesa.ac.id/article/16316/15/article.pdf), diakses 21 April 2016
Guntur, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Yang Diacak Menjadi Sebuah Paragraf Yang Baik Dan Benar Melalui Metode Scramble Pada Siswa Kelas V SDN 10 Kesiman Denpasar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mahasaraswati Denpasar
Saputra, H & Ratnasari, D. (2015). Implementasi Permainan Scramble Pada Pembelajaran IPA Dengan Model Kooperatif Tipe Probing-Prompting Di Kelas V SD Negeri. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 169-178, (http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/pgsd2015/
pgsd2015/.../506), diakses 21 April 2016
Somantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Jakarta: Alfabeta
Sumiyati. (2009). Meningkatkan Kemampuan Menyusun Struktur Kalimat Berbasis EYD Melalui Metode Maternal Reflektif Bagi Anak Tunarungu Di Kelas D5 SLB-B Yaat Klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Suratno. A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Scramble Wacana Siswa Kelas IVA SDN Tukangan Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12016p43-46
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats