Permainan Monopoli dalam Operasi Hitung Campuran Siswa Tunarungu
Abstract
Anak-anak tunarungu mengalami masalah dalam hal pendengaran sehingga mengalami
kesulitan dalam proses penyampaian materi, menyelesaikan soal mengenai operasi hitung campuran
merupakan permasalahan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
penggunaan permainan monopoli terhadap kemampuan operasi hitung campuran. Penelitian ini
menggunakan bentuk desain yaitu one group pretest-posttest design. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa
exact sig.=0.026, karena nilai exact sig.<taraf nyata (α = 0,05) maka dapat menolak H0, artinya H1
diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh terhadap kemampuan operasi hitung
campuran siswa tunarungu kelas X di SMALB-B X Malang dengan penggunaan permainan monopoli.
Students with hearing impairment possess great problem of hearing that they experience a
hard time in receiving materials in the process of knowledge transferring, Finishing mixed arithmetic
operation is a big deal for them since they are required to face a complex combination of arithmetic
operation. The objectives of the research was analyzing the effect of monopoly game towards the ability
of mixed arithmetic operation. Research using of design one group pretest-posttest design. Hypothesis test
results can be obtained that exact sig.=0.026, because the exact value of sig.<Significance level (α=0.05),
it was declined H0, H1 was accepted. The conclusion of the research was that there was significant effect
towards the ability of mixed arithmetic operation for students with hearing impairment of SMALB-B
YPTB grade X using monopoly game
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delphie, Bandi. (2009). Matematika: Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Klaten: PT Intan Sejati.
Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nuraeni, Zuli. (2013). Permainan Anak untuk Matematika. Yogyakarta: makalah seminar Penguatan Peran Matematika dan pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik, pada tanggal 9 November 2013.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i22016p54-57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:
View My Stats