Efek Metode Maternal Reflektif terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu

Yuliastuti Alfiani Noermasari, Mohammad Efendi

Abstract


Tunarungu adalah anak yang mengalami hambatan pendengaran, hal ini berdampak pada kemampuan berbicaranya. Metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu adalah Metode Maternal Reflketif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode maternal reflektif terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu model One Group Pretest Posttest Design dengan subjek siswa tunarungu kelas 2. Hasil penelitiannya terdapat perbedaan nilai ratarata pretest dan postetst sebesar 25,6. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode maternal reflektif berpengaruh secara sginifikan terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu.

Children with hearing impairment who are hearing impaired, it affects their speaking ability. The method can be used to help improve speaking ability of students with hearing impairment is Maternal Reflective Method. This reserach was conducted in order to analyze the effect of maternal reflective method towards speaking ability for children with hearing impairment. This research was using quantitative research design by quasi experiment by using One Group-Pretest-Posttest Design with subject children with hearing impairment in second grade. The result of this research was there are differences in the average of 25,6 pretest and posttest. Overall, the maternal reflective method effect on the speaking ability of students with hearing impairment.


Keywords


Metode Maternal Reflektif; Kemampuan Berbicara; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Linawati, Ririn. (2012). Penerapan Metode Mathernal Reflektif Dalam Pembelajaran Berbahasa Pada Anak Tunarungu di Kelas Persiapan SLB Negeri Semarang, 1 (1). (online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia), diakses 15 Feberuari 2016

Mangunsong, Frieda. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kesatu. Depok: LPSP3 UI

Marsudiharjo, Anton dkk. (2013). Didaktik Metodik Umum Pemerolehan Kemampuan Berbahasa Anak Tunarungu. Jakarta: SLB B Pangudi Luhur

Pujiastutik, Endang. (2010). Metode Maternal Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tuna Rungu Kelas 3 Slb-B Widya Bhakti Semarang Tahun 2009/2010. Skkripsi diterbitkan. Surkarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sardjono. (2005). Terapi Wicara. Jakarta: Depdiknas

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Kurnia, Rita. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendekia Insani




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jo.v2i2.5074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

"Jurnal Ortopedagogia" is Indexing by:

 

View My Stats